McMenemy Bakal Digantikan Rahmad Darmawan, Ini Kata Exco PSSI

Haryo Jati Waseso ยท Jumat, 13 September 2019 - 11:50 WIB
McMenemy Bakal Digantikan Rahmad Darmawan, Ini Kata Exco PSSI

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id - Kinerja kurang memuaskan Tim Nasional Indonesia di Grup G Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia membuat nasib Pelatih Simon McMenemy di ujung tanduk. Beredar kabar, pelatih asal Skotlandia itu akan digantikan oleh Rahmad Darmawan.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Yunus Nusi. Dia mengutarakannya setelah Timnas Indonesia diyakini bakal sulit lolos ke putaran ketiga setelah mengalami dua kekalahan dari Malaysia (2-3) dan Thailand (0-3).

Hasil itu membuat Tim Garuda menjadi juru kunci Grup G tanpa memiliki nilai. Namun, anggota Exco lainnya, Gusti Randa membantah ucapan Nusi. Dia menegaskan terkait pergantian pelatih harus lebih dulu dibawa ke rapat Exco.

“Baru diputuskan di sana secara kolektif kolegial,” ujar Gusti di Jakarta, Kamis (12/9/2019). Gusti juga mengungkapkan apa yang dikatakan Nusi hanyalah pendapat pribadi, bukan keseluruhan Exco.

Kekalahan Timnas di dua laga tersebut memang berbuntut kekecewaan dari masyarakat Indonesia terhadap bekas pelatih Timnas Filipina dan Bhayangkara FC itu. Keinginan agar McMenemy dipecat pun kian menggema.

Selain Rahmad Darmawa, banyak pihak yang berharap PSSI kembali mendatangkan Luis Milla sebagai pelatih. Pembesut asal Spanyol itu dianggap berhasil meningkatkan mentalitas bertanding Timnas yang sempat hilang.

Sayang, seusai membawa Andritany Ardhiyasa dkk ke babak 16 besar Asian Games, PSSI memutuskan melepas sang pembesut dengan tak memperpanjang kontraknya. Hal itu kemudian berimbas dengan kegagalan Timnas di Piala AFF 2018, karena mundurnya Milla tak lama sebelum kompetisi itu dimulai.


Editor : Haryo Jati Waseso