Menang Adu Penalti atas Swiss, Inggris Raih Posisi Ke-3 UEFA Nations League

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 09 Juni 2019 - 23:06 WIB
Menang Adu Penalti atas Swiss, Inggris Raih Posisi Ke-3 UEFA Nations League

Kiper Jordan Pickford (1) jadi pahlawan kemenangan Inggris atas Swiss lewat adu penalti pada laga perebutan tempat ketiga UEFA Nations League di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Minggu (9/6/2019) malam WIB. (Foto: AFP)

GUIMARAES, iNews.id – Tim nasional Inggris berhasil mengalahkan Swiss lewat adu penalti 6-5, usai bemain 0-0 sampai perpanjangan waktu pada laga perebutan tempat ketiga UEFA Nations League di Estadio D. Afonso Henriques, Guimaraes, Portugal, Minggu (9/6/2019) malam WIB. 
 
Inggris tampak bermain menekan sejak laga dimulai. Namun, The Three Lions baru memiliki peluang emas lewat pemain sayapnya, Raheem Sterling, pada menit ke-14. Namun, tendangan pemain Manchester City itu terlalu lemah dan berhasil di tangkap oleh Kiper Swiss Yann Sommer.  
 
Peluang emas kembali diciptakan Delle Ali lewat tandukan pada menit ke-29. Namun, bola hanya melintas di atas gawang.  
 
Sementara Swiss seperti kesulitan menembus lini pertahanan Inggris. Sebaliknya Inggris juga tampak tak bisa mengembangkan serangannya, meski mendapat sejumlah peluang. Keadaan itu membuat gol tak kunjung datang. 
 
Begitu babak kedua dimulai, Inggris terus berusaha untuk mencari celah pada pertahanan Swiss. Bahkan, The Three Lions mendapat peluang pada menit ke-55. Danny Rose yang menggiring bola di sisi kanan memberikan umpan kepada Harry Kane. Namun, bola ditangkap oleh Sommer sebelum Kane bisa melepaskan tembakan. 
 
Swiss kemudian melancarkan serangan balik semenit kemudian. Granit Xhaka yang membongkar pertahanan Inggris melepaskan tendangan di depan gawang Inggris. Namun, Kiper The Three Lions Jordan Pickford mampu menghalau bola dengan baik. 
 
Inggris akhirnya bisa memasukkan bola ke gawang Swiss pada menit ke-85. Menerima umpan dari Sterling, Callum Wilson menanduk bila menuju gawang Swiss.

Namun, gol itu dianulir setelah Wilson dianggap melanggar pemain Swiss terlebih dahulu. Waktu normal pun berakhir tanpa ada gol tercipta. 
 
Pada babak tambahan waktu pertama, kedua tim bermain dengan tempo permainan yang cukup lambat. Keadaan itu membuat kedua tim kesulitan untuk menciptakan peluang. Akibatnya, tak ada gol tercipta hingga tambahan waktu pertama usai. 
 
Tempo permainan tidak banyak berubah pada babak tambahan waktu kedua. Inggris beberapa kali mendapat peluang usai membongkar pertahanan Swiss. Namun, belum ada gol yang tercipta, dan laga berlanjut ke babak adu penalti. 
 
Enam eksekutor Inggris, yaitu Harry Maguire, Ross Barkley, Jadon Sancho, Raheem Sterling, Jordan Pickford dan Eric Dier berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kemudian, Pickford sukses menepis tembakan Josip Drmic, sedangkan lima algojo Swiss lainnya, yaitu Steven Zuber, Granit Xhaka, Manuel Akanji, Kevin Mbabu dan Fabian Schar berhasil mencetak gol. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
SWISS (3-5-2) 
Sommer; Elvedi, Schaer, Akanji; Mbabu, Fernandes (Zakaria 61), Xhaka, Freuler, Rodriguez (Drmic 87); Shaqiri (Zuber 65), Seferovic (Okafor 113) 
Pelatih: Vladimir Petkovic 
 
INGGRIS (4-3-3) 
Pickford; Alexander-Arnold, Gomez, Maguire, Rose (Walker 70); Dier, Delph (Barkley 105), Lingard (Sancho 105); Alli, Sterling, Kane (Wilson 75) 
Pelatih: Gareth Southgate


Editor : Abdul Haris