Liga Belanda

Menang Telak atas De Graafschap, Ajax Raih Gelar Eredivisie Ke-34

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 06:12 WIB
Menang Telak atas De Graafschap, Ajax Raih Gelar Eredivisie Ke-34

Ajax Amsterdam juara Eredivisie usai mengalahkan De Graafschap 4-1 di Stadion De Vijverberg pada matchday terakhir, Kamis (16/5/2019) dini hari WIB. (Foto: Ajax.nl)

Doetinchem, iNews.id - Ajax resmi menjadi juara Eredivisie 2018/2019, setelah mengalahkan De Graafsachap 4-1 di Stadion De Vijverberg pada matchday terakhir, Kamis (16/5/2019) dini hari WIB. Mereka memuncaki klasemen dengan raihan 86 poin, unggul tiga poin dari PSV di tempat kedua.

Ini menjadi gelar Eredivisie yang ke-34 bagi Ajax, serta yang pertama sejak terakhir kali meraihnya di musim 2013/2014. Gol kemenangan De Godenzonen dibukukan Lasse Schone di menit ke-37, Nicola Tagliafico (44) dan brace Dusan Tadic (67pen, dan 87).

Sementara gol De Graafschap dibuat oleh Youssef El Jebli di menit ke-40. Pelatih Ajax Eric ten Haag tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya. Dia pun merasa kesuksesan timnya ini akan diingat untuk waktu lama.

“Hasil ini sangat memuaskan. Tidak hanya karena kemenangan, tetapi juga dengan caranya. Orang-orang pasti masih akan membicarakannya 20 tahun ke depan. Itu akan sangat indah untuk saya,” tutur Ten Hag kepada Voetbal International.

Keberhasilan tersebut meneruskan torehan apik Ajax musim ini. Sebelumnya, mereka juga sukses menjuarai Piala KNVB usai menaklukkan Willem II Tilburg 1-4 di final. Klub Ibu Kota Belanda itu juga menjadi semifinalis Liga Champions.

Ajax menjadi juara Eredivisie setelah hanya kalah empat kali musim ini. Mereka pun tak pernah takluk ketika bermain di kandangnya Johan Cruijf Stadion, dan mampu menorehkan 119 gol di liga.


Editor : Haryo Jati Waseso