Liga Champions Asia

Menurut Kolev, 2 Hal Ini yang Buat Persija Kalah dari Newcastle Jets

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 21:46 WIB
Menurut Kolev, 2 Hal Ini yang Buat Persija Kalah dari Newcastle Jets

Ivan Kolev (Foto: persija.id)

NEWCASTLE, iNews.id – Pelatih Persija Jakarta Ivan Kolev mengungkapkan ada dua hal yang menyebabkan timnya kalah 1-3 dari Klub Australia Newcastle Jets pada putaran kedua kualifikasi Liga Champions Asia di Stadion McDonald Jones, Selasa (12/2/2019) sore. Dua hal yang dimaksud yaitu absennya lima pemain dan stamina yang kurang fit.

Pada laga tersebut, lima pilar Macan Kemayoran absen di antaranya Rezaldi Hehanusa, Rishadi Fauzi dan Nugroho Fatchur Rochman yang tengah cedera, Daryono (hukuman kartu merah) serta Jaimerson da Silva (belum memiliki KITAS).

Bagi Kolev, kehilangan lima pemain tersebut sedikit membuatnya pusing mencari formasi terbaik pada laga tadi walau strateginya merepotkan tuan rumah dan memaksa pertandingan berlanjut hingga ke babak tambahan.

Newcastle Jets bisa unggul lebih dulu Ronald Vargas pada menit ke-49 kemudian bisa disamakan Ramdani Lestaluhu (72) dan bertahan hingga waktu normal usai.

Pada babak perpanjangan waktu, gawang Andritany Ardhiyasa kembali bergetar dua kali akibat gol Nigel Boogard (101) dan pemain pengganti Matthew Ridenton (119).

“Kami datang ke Australia tanpa lima pemain utama. Hai itu tentu membuat kami kesulitan. Tapi saya tetap mengapresiasi perjuangan pemain lainnya yang sudah bermain sangat baik,” kata Kolev dikutip laman resmi klub.

Juru taktik asal Bulgaria itu juga menambahkan, kondisi stamina pemainnya tidak baik pada laga tersebut. Hal itu dikarenakan kompetisi Liga 1 di Tanah Air belum digelar, membuat mereka belum punya jadwal pertandingan yang rutin.

Selain itu, pekan lalu mereka juga baru saja melakoni perjalanan jauh ke Singapura untuk meladeni kekuatan Home United pada putaran pertama kualifikasi Liga Champions Asia di Stadion Jalan Besar, Kallang. Laga tersebut dimenangkan Marko Simic dkk dengan skor 3-1.

“Sebelum bermain di sini, kami harus menghadapi lawan yang tangguh (Home United) di Singapura. Kami sedikit mengalami masalah stamina karena kompetisi di Indonesia belum mulai dan tim sejauh ini hanya latihan,” ujarnya.

Akibat kekalahan tersebut, klub kebanggaan masyarakat Ibu Kota Indonesia itu dipastikan gagal berpartisipasi di Liga Champions Asia 2019. Namun, Persija tetap mendapat tiket mentas di Piala AFC menemani kontingen Merah Putih lainnya, PSM Makassar.


Editor : Abdul Haris