Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa, Kapten Arsenal Salahkan UEFA

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 10:32 WIB
Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa, Kapten Arsenal Salahkan UEFA

Pemain Arsenal Henrikh Mkhitaryan. (Foto: Ben STANSALL/AFP)

BAKU, iNews.id – Kapten Arsenal Laurent Koscielny kecewa rekannya, Henrikh Mkhitaryan harus absen saat melawan Chelsea pada final Liga Europa di Olympic Stadium, Baku, Kamis (30/5/2019) dini hari WIB. Defender asal Prancis itu menuding Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) sebagai biang keladi.

Mkhitaryan yang berkebangsaan Armenia terpaksa tak dibawa Pelatih Arsenal Unai Emery terbang ke Azerbaijan karena alasan keamanan, mengingat kedua negara tersebut tengah terlibat konflik. Absennya sang pemain sudah diwartakan laman resmi klub.

Koscielny aneh dengan kebijakan UEFA yang memilih Baku sebagai lokasi final Liga Europa. Padahal, otoritas sepak bola tertinggi di Benua Biru itu paham kalau Azerbaijan merupakan salah satu negara konflik.

“Saya pikir UEFA perlu tahu tentang berbagai masalah yang terjadi di Azerbaijan. Ketika satu negara memiliki masalah dengan yang lain, mereka tidak harus memberikan lokasi final ke negara itu,” kata Koscielny kepada BBC.

“Bagi kami ini sangat sulit. Kami ingin memiliki Micki di dalam tim. Dia merupakan pemain penting bagi kami. Saya tidak senang ketika mendengar final dimainkan di Baku. Karena itu menandakan kami harus meninggalkan satu pemain,” ujarnya.

Kehilangan Mkhitaryan di laga final memang bagai tamparan keras untuk Emery mengingat dirinya pengganti ideal bagi Aaron Ramsey yang cedera. Di Liga Europa, mantan pemain Manchester United tersebut sudah melakoni 11 pertandingan dan menyumbang 3 assist.


Editor : Haryo Jati Waseso