Newcastle United Resmi Umumkan Berpisah dari Rafael Benitez

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 24 Juni 2019 - 19:45 WIB
Newcastle United Resmi Umumkan Berpisah dari Rafael Benitez

Rafael Benitez. (Foto: Glyn KIRK/AFP)

NEWCASTLE, iNews.id - Newcastle United telah resmi mengumumkan pelatihnya Rafael Benitez bakal pergi pada akhir bulan ini, Minggu (30/6/2019). Arsitek asal Spanyol itu diketahui tak mau memperpanjang kontraknya.

Pihak Newcastle sebenarnya dikabarkan telah menyodorkan perpanjangan kontrak selama satu musim, dengan gaji sebesar 6 juta poundsterling atau sekitar Rp107 miliar per musim. Namun, Benitez rupanya menolak tawaran itu.

“Dengan kekecewaan mendalam, kami mengumumkan bahwa Rafael Benitez akan meninggalkan Newcatle United. Kontraknya akan berakhir pada 30 Juni 2019,” cuit akun Twitter resmi The Magpies.

Seperti yang dikabarkan The Sun, Benitez sempat meminta pihak klub mempersiapkan dana sebesar 50 juta poundsterling (Rp900 miliar) untuk membeli pemain. Tetapi, klub yang identik dengan warna hitam-putih itu tak bisa mengabulkan permintaan mantan pelatih Liverpool itu.

Keadaan itu disinyalir menjadi penyebab Benitez tak mau melanjutkan kariernya bersama Newcastle. Pasalnya, dia sempat ragu timnya bisa bertahan di Premier League, tanpa ada tambahan tenaga baru.

Benitez datang ke Newcastle pada Maret 2016 silam, dengan kontrak selama tiga tahun. Meski sempat terdegradasi pada akhir 2015/2016, dia bisa langsung memberikan gelar Divisi Championship 2016/2017 kepada Newcastle, sekaligus promosi ke Premier League.

Kini Benitez dikaitkan dengan sejumlah klub yang tak memiliki pelatih, salah satunya Chelsea yang baru berpisah dari pelatihnya Maurizio Sarri. The Blues endiri bukanlah klub asing untuknya karena dia sempat melatih di sana pada periode November 2012 hingga Mei 2013.


Editor : Haryo Jati Waseso