Liga Inggris

Ozil Kembali Tersenyum, Legenda MU Ini Meyakini Arteta Penyebabnya

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 02 Januari 2020 - 18:23 WIB
Ozil Kembali Tersenyum, Legenda MU Ini Meyakini Arteta Penyebabnya

Pemain Arsenal Mesut Ozil dan pelatihnya, Mikel Arteta seusai The Gunners mengalahkan MU 2-0 di Emirates Stadium, Kamis (2/1/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id - Pemain Arsenal Mesut Ozil terlihat tersenyum bahagia setelah membawa timnya mengalahkan Manchester United (MU) 2-0 di Emirates Stadium pada laga pekan ke-21 Premier League, Kamis (2/1/2020) dini hari WIB.

Keadaan itu mendapat tanggapan dari Legenda MU Rio Ferdinand. Mantan bek Timnas Inggris tersebut melihat pemain asal Jerman itu sudah merasa nyaman dengan keadaannya di Arsenal saat ini.

Ferdinand melihat keberadaan pelatih anyar The Gunners Mikel Arteta menjadi penyebabnya. Bukan rahasia, setahun terakhir Ozil terlihat tak kerasan di Arsenal, karena performa yang inkonsisten dan kritikan terhadapnya.

Hal itu membuatnya kerap menjadi cadangan dan hubungan dengan pelatih sebelumnya, Unai Emery serta caretacker Freddie Ljungberg tak harmonis. Sang pemain juga kerap melakukan tindakan kontroversial di luar lapangan.

Puncaknya saat dia mengecam tekanan Pemerintah China kepada muslim Uighur, yang berimbas tak ditayangkannya laga Arsenal di salah satu stasiun TV Negara Tirai Bambu tersebut. Tetapi, Ferdinand menilai keadaan itu sudah berubah.

“Saya tak pernah melihatnya tersenyum 18 bulan terakhir, dan itu membuktikan betapa dia menikmati latihan. Arsenal menunjukkan kedisiplinan yang sudah lama tak kita lihat dan ada struktur yang menimbulkan kepercayaan diri. Mereka lebih cepat dan semakin kuat,” katanya kepada BT Sports.

Ferdinand menegaskan pendekatan Arteta kepada Ozil menjadi salah saru penyebab sang pemain bisa berlaga dengan rileks dan bukan tak mungkin mengeluarkan semua potensi yang dimilikinya. Hal itu yang menurutnya tak bisa dilakukan oleh para pelatih sebelumnya.

“Ketika Anda tak percaya dengan pelatih maka secara tak sadar akan mempengaruhi performa. Pasti ada pembicaraan dengan para pemainnya di mana Arteta mengatakan ‘Kamu pemain saya’,” tuturnya.

Pada laga menghadapi MU, Arsenal memang bermain penuh percaya diri. Apalagi, mereka termotivasi untuk bangkit setelah sebelumnya kalah dari Chelsea 1-2. Gol kemenangan The Gunners dibukukan Nicholas Pepe di menit ke-8 dan Sokratis Papastathopoulos. (42).

Editor : Haryo Jati Waseso