Piala AFF 2018

Pelatih Timnas Singapura Beberkan Rahasia Kemenangan atas Indonesia

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 09 November 2018 - 23:28 WIB
Pelatih Timnas Singapura Beberkan Rahasia Kemenangan atas Indonesia

Kapten timnas Singapura Hariss Harun (kanan) merayakan golnya saat mengalahkan timnas Indonesia 1-0 di National Stadium, pada laga Grup B Piala AFF 2018. (Foto: Fox Sport)

KALLANG, iNews.id – Pelatih tim nasional Singapura Fandi Ahmad membeberkan rahasia kemenangan 1-0 timnya atas Indonesia pada laga Grup B Piala AFF 2018 di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018) malam. Menurutnya, menjaga pergerakan winger penggawa Tim Garuda merupakan kunci utama timnya bisa meraih hasil positif.

Pada laga yang disiarkan RCTI itu, Indonesia  sebenarnya mamapu menguasai permainan di awal laga. Skuat asuhan Bima Sakti itu banyak menekan dari sayap lapangan dengan mengandalkan kecepatan duo winger, Febri Haryadi dan Irfan Jaya.

Namun, Singapura tetap tenang dan mencoba fokus meladeni kecepatan dua pemain tersebut. Kesabaran tim berjuluk The Lion itu berbuah manis ketika pada menit ke-37, kapten Harris Harun bisa memecah kebuntuan lewat golnya.

Ketinggalan satu gol, Indonesia menaikkan intensiatas serangan. Namun, tuan rumah tetap berhasil menjaga konsistensi dan mempertahankan keunggulan hingga peluit panjang dibunyikan. Pada konferensi pers usai laga, Fandi mengaku puas dengan penampilan Harun dkk.

“Indonesia tim yang baik. Mereka punya Irfan dan Febri yang memiliki kecepatan luar biasa. Tapi kami solid dalam bertahan dan tidak memberikan mereka ruang. Saya puas dengan kinerja tim,” kata Fandi.

Meski berhasil meraup poin penuh, mantan pemain Groningen itu tak ingin terlena. Menurutnya, masih ada beberapa hal yang harus dibenahi dalam skuatnya, terutama dalam penyelesaian akhir. Fandi tak puas timnya hanya bisa mencetak satu gol pada laga tadi.

“Saya rasa kami harus pertajam area serang. Penyelesaian akhir kurang baik. Beberapa pemain masih lalai di depan gawang Indonesia. Kami tahu apa kesalahan pada laga tadi dan segera harus dibenahi,” mantan pemain Groningen itu menambahkan.

Berkat hasil positif itu, Singapura kini bercokol di peringkat kedua Grup B dengan nilai tiga. Angka yang mereka kumpulkan sama dengan Thailand di puncak klasemen, namun kalah selisih gol. Selanjutnya, The Lions akan bertandang ke markas Filipina di Panaad Stadium, Bacolod, Selasa (13/11/2018) malam.


Editor : Haryo Jati Waseso