Pelatih Vietnam Park Hang-seo Tolak Medali Emas SEA Games 2019, Ini Alasannya

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 14 Desember 2019 - 11:52 WIB
Pelatih Vietnam Park Hang-seo Tolak Medali Emas SEA Games 2019, Ini Alasannya

Pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo. (Foto: AFP)

HANOI, iNews.id – Pelatih Timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo menjadi buah bibir di kalangan pecinta sepak bola. Situasi tersebut terjadi lantaran dirinya menolak medali emas SEA Games 2019 yang dikalungkan kepada penggawa tim berjuluk The Golden Star itu.

Park yang berasal dari Korea Selatan berhasil membawa Vietnam juara SEA Games yang digelar di Filipina. Ha Duc Chinh dan kolega juara setelah mengandaskan perlawanan Indonesia U-23 dengan skor 3-0 pada final yang digelar di Rizal Memorial Stadium, Selasa (10/12/2019) malam.

Pada laga tersebut, Park mendapat kartu merah pada pertengahan babak kedua akibat terlalu keras memprotes kebijakan wasit. Tapi bukan hal tersebut yang menjadi sorotan para pemuja sepak bola saat ini.

Dilansir media Vietnam The Thao, dia menjadi perbincangan hangat setelah menolak medali emas SEA Games karena punya jiwa besar. Usai pertandingan, seluruh anggota Timnas Vietnam dan ofisial dikalungkan medali emas.

Tapi anehnya, batang hidung Park tidak kelihatan pada prosesi tersebut. Setelah semua medali dikalungkan, juru taktik berusia 60 tahun itu baru ikut bergabung bersama skuatnya yang lain di podium.

Ketika itu pula staf kepelatihan mencoba mengalungkan medali emas kepadanya, namun Park dengan tegas menolak. Usut punya usut, ternyata medali emas yang dibagikan panitia berjumlah 25 keping.

Sementara anggota Timnas Vietnam ada 30. Dengan jumlah yang kurang tersebut, Park lebih memilih mengalah karena ada banyak penggawa The Golden Star yang lebih menginginkan medali tersebut.

Apalagi medali emas SEA Games begitu dinanti-nantikan Vietnam setelah menunggu selama 60 tahun. Terakhir kali negara tersebut menjadi juara yakni pada gelaran perdana 1959. Saat itu, Vietnam masih bernama Vietnam Selatan.


Editor : Haryo Jati Waseso