Pemain Ajax Persembahkan Gelar Eredivisie untuk Abdelhak Nouri

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 16 Mei 2019 - 06:54 WIB
Pemain Ajax Persembahkan Gelar Eredivisie untuk Abdelhak Nouri

Pemain Ajax Amsterdam Frenkie de Jong (kiri) dan Donny van de Beek (kanan) merayakan keberhasilannya menjadi juara Eredivisie 2018/2019. (Foto: Twitter)

DOETINCHEM, iNews.id - Ajax Amsterdam meraih gelar Eredivisie 2018/2019, usai mengalahkan De Graafschap 4-1 di Stadion De Vijverberg, Kamis (16/4/2019) dini hari WIB. Para pemain Ajax mempersembahkan titel ini untuk mantan rekan setimnya, Abdelhak Nouri.

Gelar ini menjadi yang ke-34 untuk Ajax, kebetulan semasa bermain Nouri juga dikenal mengenakan nomor punggung 34. Pria berusia 22 tahun itu kemudian memutuskan pensiun di usia muda pada Agustus tahun lalu, setelah sempat koma karena serangan jantung.

Padahal, pemain yang memiliki darah Maroko tersebut sempat disebut sebagai calon bintang masa depan De Godenzonen. Sebagian besar pemain Ajax saat ini merupakan rekan-rekan Nouri ketika itu.

Menurut Gelandang Ajax Donny van der Beek, kesamaan jumlah gelar dengan nomor punggung Nouri membuatnya menjadi luar biasa. Selain itu, Ajax juga sudah cukup lama tak menjuarai liga tertinggi Belanda tersebut, yang terakhir kali diraih 2013/2014.

“Tentu saja, hal itu sempat terlintas di pikiran saya. Karena memang sudah cukup lama sebelum kami bisa meraihnya. Saya merasa senang. Saya juga sudah mengatakan gelar ini dipersembahkan untuknya (Nouri). Saya bahagia,” tuturnya kepada NOS.

Pelatih Ajax Erik ten Hag ikut angkat bicara terkait hal itu. Meski belum pernah bekerja sama dengan Nouri, dia menyadari kedekatan emosional antara pemainnya dengan mantan pemain tim nasional Belanda U-19 tersebut.

 “Sejak datang ke Ajax, saya sudah menyadari situasi Nouri. Sangat buruk apa yang terjadi padanya. Para pemain dan dirinya berteman dan memiliki ikatan yang kuat. Secara alami mereka turut merasakannya,” ucapnya.

Kemenangan Ajax atas De Graafschap membuat mereka mengumpulkan 86 poin, unggul tiga angka atas rival terdekat, PSV Eindhoven. Gol Ajax dibuat Lasse Schoene di menit ke-37, Nicola Tagliafico di menit ke-44 dan dwigol Dusan Tadic (67pen dan 87).


Editor : Haryo Jati Waseso