Uji Coba Internasional

Penalti Mbappe Selamatkan Prancis dari Kekalahan Kontra Islandia

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 12 Oktober 2018 - 06:44 WIB
Penalti Mbappe Selamatkan Prancis dari Kekalahan Kontra Islandia

Striker Kylian Mbappe mencetak gol yang menyelamatkan timnas Prancis dari kekalahan kontra Islandia pada uji coba di Stade de Roudourou, Jumat (12/10/2018) dini hari WIB. Skor berakhir 2-2. (Foto: AFP)

GUINGAMP, iNews.id – Tim nasional Prancis hanya mampu bermain imbang 2-2 dengan Islandia pada laga uji coba di Stade de Roudourou, Jumat (12/10/2018) dini hari WIB. Sempat tertinggal 1-2, penalti Kylian Mbappe di penghujung laga menyelamatkan Les Bleus dari kekalahan. 
 
Main di depan ribuan pendukung sendiri, Prancis justru tertinggal lebih dulu akibat dua gol dari Birkir Bjanason pada menit ke-30 dan Kari Arnason (58). Tertinggal, Mbappe yang semula duduk di bangku cadangan akhirnya dimainkan Pelatih Prancis Didier Deschamps pada menit menit ke-60 untuk menggantikan Antoine Griezmann. 
 
Kehadiran pemain 19 tahun itu membuat aliran serangan Prancis lebih bervariasi. Hasilnya, pada menit ke-86 sepakannya salah diantisipasi bek Holmar Oern Eyjolfson dan membuat Islandia kebobolan.  
 
Pada menit ke-89, Prancis menemukan momentum menyamakan skor lewat titik putih setelah Kolbeinn Sigthorsson melakukan handball di kotak penalti. Mbappe yang ditunjuk sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik. 
 
Pada konferensi pers usai laga, Deschamps ditanya mengapa timnya kesulitan untuk mencetak gol pada laga tersebut. Padahal, statistik mencatat, Prancis bisa menguasai 68 persen bola yang bergulir. 
 
“Kami tidak banyak menekan dari sisi kanan. Padahal di sana titik kekuatan kami. Tapi akhirnya di menit akhir setelah Islandia kelelahan, kami bisa menyelesaikan pertandingan dengan hasil imbang,” kata Deschamps dikutip France TV
 
Mantan pemain Juventus dan Chelsea itu juga menjelaskan mengapa tidak menurunkan Mbappe sejak menit awal pertandingan. “Dia sedikit memiliki rasa nyeri pada kakinya. Saya tidak ingin mengambil risiko. Tapi setelah pemanasan di pinggir lapangan, dia merasa lebih baik dan akhirnya bisa dimainkan,” ungkap Deschamps. 
 
Deschamps berjanji akan mengevaluasi kesalahan timnya pada laga tadi. Sebab setelah ini, Les Bleus akan menjamu Jerman pada Liga A Grup 1 UEFA Nations League di Stade de France, Paris, Rabu (17/10/2018) dini hari WIB. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
PRANCIS (4-2-3-1)
 
Lloris; Pavard, Varane (Zouma 46), Kimpembe, Digne; Nzonzi, Pogba (Ndombele 67); Thauvin (Lemar 59), Griezmann (Mbappe 60), Dembele (Payet 67); Giroud 
Pelatih: Didier Deschamps 
 
ISLANDIA (4-4-1-1) 
Runarsson (Halldorsson 46); Eyjolfsson, Arnason, Ragnar Sigurdsson, Saevarsson (Fjoulson 81); Johan Berg Gudmundsson (Palsson 71), Sugurjonsson, Bjanarson, Traustason (Sigthorsson 59); Gylfi Sigurdsson (Gislason 80); Finnbogason (Albert Gudmundsson 46) 
Pelatih: Erik Hamren


Editor : Abdul Haris