Perebutan Ballon d’Or 2019, Messi dan Ronaldo Kembali Diunggulkan

Fitradian Dhimas Kurniawan · Kamis, 06 Juni 2019 - 17:15 WIB
Perebutan Ballon d’Or 2019, Messi dan Ronaldo Kembali Diunggulkan

Penyerang Barcelona Lionel Messi. (Foto: JOSE JORDAN/AFP)

PARIS, iNews.id - Perebutan trofi Ballon d’Or 2019 semakin menarik untuk diikuti. Semua pesepak bola terutama yang mentas di Eropa bersaing mendapatkan trofi berbentuk bola emas tersebut.

Peraih Ballon d’Or terbanyak, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (lima gelar) kembali jadi kandidat untuk menggapainya. Jika dilihat lebih lanjut, pada lima tahun terakhir (2014-2018), peraih trofi Ballon d’Or adalah pemain yang mengantarkan sang klub menjadi kampiun Liga Champions.

Karena itu, peraih trofi Ballon d’Or 2019 kemungkinan besar adalah pemain yang membawa timnya menjadi jawara atau finalis Liga Champions musim ini. Namun, Ronaldo dan Messi tetap menjadi kandidat karena konsistensi permainan yang mereka tunjukkan.

Berikut ini adalah pemain yang difavoritkan untuk memenangkan titel dari ajang yang diselenggarakan oleh France Football tersebut.

1 - Lionel Messi (Barcelona)
Messi jadi kandidat terdepan peraih trofi Ballon d’Or. Selain apik secara individu, La Pulga juga bersinar di level klub, dengan mengantarkan Barcelona meraih gelar La Liga.

Di level individu, pesepak bola 31 tahun itu tampil sangat tajam. Dari 46 pertandingan di semua kompetisi, Messi mengemas 48 gol dan 22 assist. Bahkan saat ini, dia tercatat sebagai El Pichici La Liga dengan koleksi 34 gol dan pencetak gol terbanyak Liga Champions (12).

2 - Cristiano Ronaldo (Juventus)
Meski gagal mengantarkan Juventus menjadi jawara Liga Champions, namun sulit untuk mengesampingkan nama Cristiano Ronaldo. Pemain berusia 34 tahun itu menjadi kunci keberhasilan Juventus merebut trofi Serie A. Dari 28 pertandingan, Ronaldo mengemas 20 gol dan 11 assist.

3 - Virgil van Dijk (Liverpool)
Jangan ragukan kualitas Van Dijk dalam mengawal pertahanan Liverpool. Berkat bantuan bek asal Belanda tersebut, gawang Liverpool baru kemasukan 20 kali dari 36 laga di Liga Inggris 2018-2019. Catatan itu merupakan yang terbaik bagi Liverpool semenjak era Premier League pada 1992-1993.

Berkat kepiawaiannya menjaga pertahanan Liverpool, Van Dijk pun dianugerahi sebagai pemain terbaik Liga Inggris 2018-2019 versi Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA). Tidak sampai di situ, Van Dijk pun mengantarkan Liverpool menjadi kampiun Liga Champions, yang merupakan nilai plus untuk meraih trofi Ballon d’Or.

4 – Kylian Mbappe (Paris Saint-Germain)
Musim ini PSG hanya meraih trofi Ligue 1. Akan tetapi, Mbappe menampilkan pesona luar biasa yang membuat banyak pencinta sepak bola kagum, dengan jumlah gol yang dibuatnya musim ini

Dari 41 pertandingan di semua kompetisi bersama PSG, Mbappe mengoleksi 36 gol dan 17 assist. Bahkan di Ligue 1, Mbappe sanggup mencetak 30 gol dari 27 pertandingan. Karena itu, untuk sekadar masuk lima besar nominasi Ballon dOr 2019, peluang Mbappe cukup besar.

Sementara itu di Liga Champions, Ronaldo juga tampil luar biasa. Kapten timnas Portugal mencetak enam gol dari sembilan pertandingan. Bahkan semua gol (5) yang dicetak Juventus di fase gugur Liga Champions 2018-2019, dibuat mantan penggawa Real Madrid itu.

5 - Gerard Pique (Barcelona)
Pique merupakan salah satu alasan apiknya performa Barcelona musim ini. Berkat bantuan Pique, Barcelona tak hanya tajam dalam menyerang, tetapi juga memiliki pertahanan kukuh.

Tidak hanya piawai menggalang pertahanan, Pique juga bisa diandalkan untuk membobol gawang lawan. Terbukti dari 48 pertandingan di semua kompetisi bersama Barcelona musim ini, Pique mengemas tujuh gol dan tiga assist.


Editor : Haryo Jati Waseso