Perempat Final hingga Final Liga Champions Digelar di Lisbon

Abdul Haris ยท Selasa, 16 Juni 2020 - 12:55 WIB
Perempat Final hingga Final Liga Champions Digelar di Lisbon

Trofi Liga Champions akan kembali diperebutkan di Lisbon, Agustus mendatang. (Foto: Sky Sports)

LISBON, iNews.id – Menurut Sky Sports, Rabu (17/6/2020), Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) akan mengonfirmasi kalender terbaru lanjutan Liga Champions usai ditangguhkan karena pandemi virus corona (Covid-19).

Turnamen paling elite antarklub di Benua Biru itu akan menggelar perempat final hingga final dalam tempo 12 hari di Lisbon, Portugal, pada 12-23 Agustus mendatang.

Semua pertandingan akan dimainkan secara tunggal di dua stadion berbeda di Lisbon, yakni Estadio da Luz dan Estadio Jose Alvalade.

Komite Eksekutif UEFA diharapkan menyetujui turnamen mini baru ini pada pertemuan, Rabu besok.

Namun, bagaimana empat pertandingan terakhir babak 16 besar belum diputuskan. Manchester City dijadwalkan memainkan leg kedua melawan Real Madrid di Etihad Stadium pada 17 Maret lalu, usai menang 2-1 pada leg pertama di Santiago Bernabey. Sementara Chelsea kalah 0-3 pada leg pertama saat menjamu Bayern Munchen di Stamford Bridge.

Sebelumnya, UEFA sudah menjadwalkan final di Istanbul. Namun, kondisi pandemi membuat semua harus diatur ulang. Operator sepak bola Benua Biru itu pun dikabarkan akan mengganti jatah Istanbul menjadi tuan rumah final di masa depan.

Semua laga di Lisbon nanti dirancang menjadi pertandingan tanpa penonton. Namun, jika nanti pemerintah Portugal memberi lampu hijau, bisa jadi UEFA akan mengizinkan kehadiran penonton di stadion.

Sementara untuk Liga Europa belum ada keputusan yang dibuat. Namun, kemungkinannya akan mengikuti format seperti Liga Champions. Namun, kompetisi kasta kedua antarklub Eropa itu direncanakan dituntaskan di Jerman, kemungkinan antara di Frankfurt atau Dusseldorf.

Liga Champions Wanita juga dapat mengikuti pola yang sama. Penyelenggaraannya kemungkinan akan digelar di Spanyol, dibagi antara kota-kota Basque di Bilbao dan San Sebastian.

Dengan jadwal terbaru musim 2019/2020 yang dipersingkat, UEFA berharap bisa kembali menggelar fase grup Liga Champions 2020/2021 mulai pertengahan Oktober mendatang.  

Namun, yang sedikit memusingkan UEFA untuk mencapai target tersebut adalah kapan digelarnya fase kualifikasi untuk menuju ke babak grup. Pasalnya, liga-liga domestik dikhawatirkan masih berlangsung dengan jadwal yang sangat padat hingga Oktober nanti.

JADWAL LIGA CHAMPIONS 2019/2020

Perempat Final: 12-15 Agustus 2020

Semifinal: 18 dan 19 Agustus 2020

Final: 23 Agustus 2020

Editor : Abdul Haris