Persebaya Kalahkan 10 Pemain Madura United, Barito Libas Tira Persikabo

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 02 Desember 2019 - 20:42 WIB
Persebaya Kalahkan 10 Pemain Madura United, Barito Libas Tira Persikabo

Penyerang Persebaya FC David da Silva mencetak gol ketika timnya mengalahkan Madura United 3-2 di Stadion Gelora Bangkalan, Senin (2/12/2019) malam. (Instagram@officialpersebaya)

BANGKALAN, iNews.idPersebaya Surabaya menang 3-2 atas 10 pemain Madura United pada pekan ke-30 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bangkalan, Senin (2/12/2019) malam. Sedangkan PS Tira Persikabo menelan kekalahan 0-1 dari tamunya Barito Putera di Stadion Pakansari, Cibinong.

Persebaya membuka asa untuk mencetak gol lebih dulu pada menit ke-11 melalui tendangan bebas Diogo Campos. Belum beruntung, usaha kerasnya bisa diamankan Kiper Madura United Muhammad Ridho.

Lima menit berselang, klub kebanggaan Bonek Mania itu bisa memecah kebuntuan. Berawal dari kesalahan pemain tuan rumah Andik Rendika Rama dalam memberikan umpan, bola bisa dicuri Bek Bajul Ijo Rendi Irwan.

Tanpa pikir panjang, Rendi langsung menggiring bola dan melepastembakan ketika berada di mulut gawang Madura United. Si kulit bundar sempat membentur bek Laskar Sapeh Kerrab, tapi langsung disambar David da Silva yang dengan leluasa mencetak gol.

Tertinggal, Pelatih Madura United Rasiman mengubah strategi dengan memainkan Beto Goncalves untuk menggantikan Alfath Fathier. Sayang, racikannya belum menuai hasil pada babak pertama. Beto dan kawan-kawan tertinggal 0-1 saat jeda.

Memasuki babak kedua tepatnya menit ke-53, Madura United akhirnya bisa menyamakan kedudukan. Aleksandar Rakic mencatatkan namanya di papan skor usai mendapat umpan terobosan dari Slamet Nurcahyo.

Gol tersebut memantik semangat pasukan Rasiman untuk tampil lebih ngotot. Hasilnya, tujuh menit kemudian mereka bisa berbalik unggul berkat torehan Beto. Mendapat umpan dari David Laly, pemain naturalisasi itu menahan bola dengan dadanya kemudian melepas tendangan voli yang merobek gawang Persebaya.

Malapetaka menimpa Madura United setelah winger Greg Nwokolo diganjar kartu merah pada menit ke-81. Dia dihukum lantaran memprotes keras hingga menanduk wasit usai diberikan kartu kuning.

Kalah jumlah pemain, gawang Laskar Sapeh Kerrab kebobolan dua menit kemudian. Diawali dari tembakan Irfan Jaya yang diblok Ridho, bola liar dimaksimalkan Da Silva untuk membobol gawang Madura United.

Irfan akhirnya jadi mimpi buruk tuan rumah. Tendangan kerasnya pada menit ke-88 memaksa Ridho kembali memungut bola dari gawangnya. Keunggulan 3-2 bagi Bajul Ijo bertahan hingga laga usai.

Tambahan tiga poin membuat Persebaya melesat ke posisi ketujuh klasemen Liga 1 sementara dengan nilai 42. Sementara Madura United masih tertahan di posisi ke-4 dengan mengepak 44 poin.

Beralih ke Cibinong, Tira Persikabo yang baru saja memecat pelatih Rahmad Darmawan tak berdaya menghadapi Barito. Di bawah asuhan caretaker Miftahudin, mereka kalah akibat gol semata wayang Fransisco Torres jelang turun minum.

Dengan tambahan tiga poin, Barito kian menjauhi zona degradasi dan kini berada di posisi ke-13 klasemen Liga 1 berbekal nilai 37, tertinggal satu angka dari Tira Persikabo di peringkat ke-12.


Editor : Haryo Jati Waseso