Liga 1

Persebaya Libas PSM 3-0, Persaingan Papan Atas Masih Ketat

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 10 November 2018 - 20:37 WIB
Persebaya Libas PSM 3-0, Persaingan Papan Atas Masih Ketat

Winger Persebaya Surabaya Yohanes Pahabol (tengah) merayakan golnya ke gawang PSM Makassar di Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada pekan ke-30 Liga 1, Sabtu (10/11/2018) malam. (Foto: persebaya.id)

SURABAYA, iNews.id – PSM Makassar kalah telak 0-3 dari Persebaya Surabaya pada pekan ke-30 Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (10/11/2018) malam. Akibatnya, klub berjuluk Juku Eja itu gagal menjauhi para pesaingnya di klasemen sementara.

Kini, PSM masih bercokol di singgasana dengan poin 53. Wiljan Pluim dkk hanya unggul empat angka dari Persija Jakarta dan Persib Bandung di peringkat kedua dan ketiga. Klub terakhir memiliki satu pertandingan lebih sedikit.

Tampil di depan pendukung sendiri, Persebaya percaya diri menguasai jalannya permainan. Skuat asuhan Djajang Nurjaman itu dengan lancar mengalirkan bola dari kaki ke kaki dan mengurung pertahanan PSM.

Beruntung, tim tamu tetap bisa menjaga konsentrasi dan tidak memberikan Bajul Ijo kesempatan untuk menembak ke gawang. Pada menit ke-23, striker Persebaya Osvaldo Haay melepaskan tembakan spekulasi dari luar kotak penalti namun masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-40, Persebaya akhirnya bisa memecah kebuntuan. Berawal dari kesalahan bek PSM Steven Paulle, bola dicuri Yohanes Pahabol yang langsung melepaskan sepakan dari dalam kotak penalti dan tak bisa dihalau kiper PSM Rivky Mokodompit. Keunggulan satu gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kedua tim bermain lebih terbuka. Persebaya memiliki peluang emas pada menit ke-58. Winger Bajul Ijo Oktafianus Fernando berhadapan satu lawan satu dengan Rivky dan tembakannya gagal dijangkau sang penjaga gawang. Tetapi bek PSM Zulkifli Syukur mampu menghalau bola di garis gawang.

Pada menit ke-62, Djajang memainkan David da Silva yang baru pulih dari cedera untuk menggantikan Yohanes. Kehadiran top skor sementara Liga 1 itu membuat lini serang Bajul Ijo kian tajam. Terbukti, enam menit di lapangan, pemain Brasil itu mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangan kerasnya dari jarak dekat tak bisa diantisipasi Rivky.

Gol tersebut membuat penggawa PSM kehilangan konsentrasi. Terbukti, tim besutan Robert Rene Alberts itu kembali kebobolan akibat tandukan Fandry Imbiri usai memanfaatkan assist dari Ruben Sanadi.

SUSUNAN PEMAIN
PERSEBAYA SURABAYA (4-3-3)
Miswar Saputra; M. Syaifuddin (Abu Rizal 90), Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, Rendi Saputra (OK John 83); Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Yohanes Pahabol (David da Silva 60)
Pelatih
: Djajang Nurjaman

PSM MAKASSAR (4-3-2-1)
Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Wasyiat Hasbullah (Ferdinand Sinaga 46), Fauzan Jamal; Steven Paulle, M. Arfan (Hendra Wijaya 87), Rasyid Bakri; Wiljan Pluim, Guy Junior Ondoua (Agi Pratama 71); M. Rachmat
Pelatih
: Robert Rene Alberts


Editor : Abdul Haris