Liga 1

Persebaya Vs PSM: Ujian Calon Juara di Kota Pahlawan

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 10 November 2018 - 07:36 WIB
Persebaya Vs PSM: Ujian Calon Juara di Kota Pahlawan

Gelandang serang PSM Makassar Willem Jan Pluim jadi tumpuan saat menghadapi Persebaya Surabaya pada lanjutan Liga 1 di Gelora 10 November, Surabaya, Sabtu (10/11/2018) malam. (Foto: ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang)

 

SURABAYA, iNews.id – Kelayakan PSM Makassar untuk juara Liga 1 2018 diuji saat bertandang ke kota pahlawan, Surabaya, saat meladeni Persebaya Surabaya, di Gelora Bung Tomo, Sabtu (10/11/2018) malam.

Pelatih PSM Robert Rene Alberts sadar betul betapa sulitnya menghadapi Bajul Ijo di kandang mereka sendiri. Timtim kuat sekelas Persija Jakarta, dan Madura United, takluk di Surabaya. Terlebih, duel ini digelar bertepatan dengan hari Pahlawan.

“Persebaya berhasil mengalahkan tim-tim besar di kota ini. Jadi kami harus fokus dan disiplin menghadapi pertandingan nanti,” tutur Alberts.

Tiga poin menjadi penting bagi PSM untuk menjaga jarak dengan lawan-lawannya. Saat ini, Juku Eja bercokol di puncak klasemen dengan nilai 53 dan unggul empat angka dari Persib Bandung di tangga kedua.

Pasukan Alberts juga unggul lima poin dari Persija di tempat ketiga. Namun, Macan Kemayoran memiliki satu pertandingan lebih banyak.

Di pihak lain, Persebaya menargetkan poin penuh sebagai kado perayaan Hari Pahlawan.  
Pelatih Persebaya Djajang Nurjaman sadar lawan yang dihadapinya yakni pemuncak klasemen liga. Namun, juru taktik yang akrab disapa Djanur itu mengaku tidak  gentar.

“Dulu pejuang-pejuang Surabaya bertaruh nyawa untuk kota dan negara tercinta. Sudah sepatutnya, kini pemain-pemain Persebaya berjuang layaknya pahlawan guna memberi kado kemenangan untuk kota tercinta ini. Hari Pahlawan sangat istimewa bagi kami,” kata Djanur.. 

Terlebih, pasukan Djanur tengah memiliki rasa percaya diri tinggi setelah akhir pekan lalu sukses mengandaskan perlawanan Persija tiga gol tanpa balas. Dua momen itu yang akan memotivasi Persebaya tampil beringas pada laga nanti. 

Djanur juga bersyukur karena saat ini semua pemainnya tengah dalam kondisi fit. Abu Rizal Maulana yang pekan lalu harus absen karena akumulasi kartu juga sudah bisa bermain. Kemudian striker andalan Bajul Ijo David da Silva juga mulai berangsur pulih dari cedera dan mulai ikut berlatih. 
 
“David sudah bergabung bersama rekan setimnya pada sesi latihan. Namun, saya belum memastikan dia akan masuk line-up. Kami akan putuskan nanti,” ujarnya.
  
PERKIRAAN PEMAIN 
PERSEBAYA SURABAYA (4-3-3)
 
Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; Rendi Irwan, Misbakus Solikin, Fandi Eko Utomo; Ferinando Pahabol, Osvaldo Haay, Oktafianus Fernando 
Pelatih: Djajang Nurjaman 
 
PSM MAKASSAR (4-3-3) 
Rivky Mokodompit; Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdulrahman, Fauzan Jamal; Wiljan Pluim, Rasyid Bakri, Muhammad Arfan; Muhammad Rahmat, Guy Junior, Ferdinand Sinaga 
Pelatih: Robert Rene Alberts 
 
REKOR PERTEMUAN

09/06/2018

Liga 1

PSM vs Persebaya

1-0

 
Prediksi: 50-50


Editor : Abdul Haris