Persiapkan Stadion untuk Venue Piala Dunia U-20 2021, Menpora Tunggu Instruksi Presiden

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 23:42 WIB
Persiapkan Stadion untuk Venue Piala Dunia U-20 2021, Menpora Tunggu Instruksi Presiden

Menpora Zainudin Amali (tengah). (Foto: iNews.id/Fitradian Dhimas)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku masih menunggu instruksi presiden dalam mempersiapkan stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2021. Dia menyebut ada beberapa stadion yang masih harus direnovasi.

Indonesia sudah mendaftarkan 10 stadion yang bisa digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 2021. Antara lain Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), I Wayan Dipta (Bali), Mandala Krida (Yogyakarta), Jakabaring (Palembang), Wibawa Mukti (Cikarang), Si Jalak Harupat (Bandung), Patriot Candrabagha (Bekasi) dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Meski begitu, tak semua stadion sudah sesuai dengan standar FIFA. Oleh sebab itu, Zainudin akan bekerja sama dengan pihak terkait untuk membenahi venue yang sudah didaftarkan.

“Soal kesiapan penyelenggaraan, tentu nanti ada instruksi presiden. Nanti ada Inpres yang akan disampaikan kepada kementerian terkait,” kata Zainudin di Gedung Kemenpora, Jakarta, Kamis (24/10/2019) malam.

“Baik itu yang menyangkut infrastruktur, fasilitas dan prasarana, kita menunggu instruksi presiden. Hal itu sebagai persiapan untuk menyelenggarakan ini (Piala Dunia U-20 2021),” ujarnya.

Pria berusia 57 tahun itu kemudian mencontohkan Stadion Patriot Candrabagha yang masih membutuhkan sarana pendukung latihan. Dia berharap bisa sesegera mungkin membenahi stadion penyelenggara agar memenuhi standar FIFA.

“Beberapa stadion sudah siap, tetapi ada yang belum dilengkapi dengan pendukung latihan. Seperti yang di Bekasi itu belum ada, jadi tentu akan kita kerjakan,” tutur Zainudin.


Editor : Haryo Jati Waseso