Uji Coba Internasional

Peta Kekuatan Vanuatu, Calon Lawan Timnas Indonesia

Haryo Jati Waseso ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 20:11 WIB
Peta Kekuatan Vanuatu, Calon Lawan Timnas Indonesia

Tim nasional Vanuatu. (Foto: OFC)

PORT VILA, iNews.id - Tim nasional Vanuatu akan menjadi lawan timnas Indonesia pada laga uji coba resmi FIFA di Stadion Utama Gelora  Bung Karno, Sabtu (15/6/2019). Meski tim dari negara Oceania itu tak diunggulkan, bukan tidak mungkin kejutan bakal terjadi.

Jika menilik  rangking FIFA, Vanuatu saat ini menduduki posisi 166. Posisi tersebut tidak terpaut jauh dari tim Garuda yang menempati peringkat 159.

Nyaris semua pemain Vanuatu  berlaga di  klub semiprofesional. Hanya dua pemain yang berstatus profesional, yaitu Azariah Soromon dan Brian Kaltac, yang bermain di Selandia Baru bersama Auckland City dan Southern United.

Penunjukan pelatih Vanuatu Paul Munster  unik. Federasi Sepak Bola Vanuatu (VFF) membuka lowongan untuk perkejaan tersebut.

Hal itu membuat lebih dari 100 orang mengirimkan lamaran pekerjaan. Akhirnya VFF menunjuk Munster, yang lebih banyak menghabiskan kepelatihannya di Swedia.

Pelatih asal Irlandia Utara itu sebelumnya merupakan Direktur Teknik dan Pelatih Klub India Minerva Punjab. Namun, hal tersebut tak lantas membuat Vanuatu bisa diremehkan begitu saja.

Pada dua laga uji coba di bulan ini, Vanuatu tak terkalahkan. Mereka  mengalahkan tim kuat Oceania Tahiti 2-0, dan menahan imbang tim besar lainnya, Fiji tanpa gol.

Duet Brian Kaltack dan Jason Thomas di lini pertahanan Vanuatu, menjadi penyebab utama gawang mereka tak kebobolan di dua laga tersebut. Perawakan tinggi besar milik Kaltack dan Thomas akan menjadi momok bagi para penyerang timnas Indonesia.

Sedangkan di lini tengah, Bong Kalo akan menjadi kunci permainan Vanuatu. Pemain yang kini membela Klub Fiji Lautoka FC itu, sempat dilirik sejumlah klub Eropa ketika tampil apik bersama negaranya di Piala Dunia U-20 2017. Dia pun sempat melakukan uji coba dengan klub Spanyol Leganes dan menjadi bidikan Borussia Dortmund.

Kemampuannya melepas umpan-umpan yang presisi dan mengeksekusi penalti akan menjadi ancaman untuk pertahanan tim Garuda. Di lini depan Vanuatu ada Kensi Tangis dan Soromon yang siap memaksimalkan assist dari Kalo menjadi gol.

Kedua pemain merupakan pencetak gol terbanyak di skuat Vanuatu saat ini, dengan torehan tujuh gol. Selain itu, juga ada Tony Kaltack salah satu pencetak gol Vanuatu kala mengalahkan Tahiti.


Editor : Haryo Jati Waseso