Pimpin Seleksi Tahap Kedua Timnas U-19, Fakhri: Siapa Saja Bisa Tersingkir

Haryo Jati Waseso ยท Kamis, 13 Juni 2019 - 11:30 WIB
Pimpin Seleksi Tahap Kedua Timnas U-19, Fakhri: Siapa Saja Bisa Tersingkir

Pelatih tim nasional U-19 Fakhri Husaini. (Foto: PSSI)

CIKARANG, iNews.id - Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Fakhri Husaini pimpin langsung seleksi tahap kedua di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Rabu (12/6/2019). Pada seleksi tersebut Fakhri menegaskan peluang semua pemainnya sama dan tak akan ada perlakuan khusus.

Pada seleksi tersebut ada 30 pemain yang mengikuti. Mereka berasal dari Elite Pro Liga 1, Garuda Select dan PPLP. Selain itu, mayoritas adalah mantan anak didik Fakhri ketika di timnas U-16. Namun, pelatih berusia 53 tahun tersebut menjanjikan hanya yang terbaik yang bakal terpilih.

“Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, mereka semua memiliki potensi. Kalau tidak waspada dan memberikan yang terbaik, pemain lain bisa saja tergantikan. Maka saya katakan, disini siapa pun bisa saja tersingkir apabila tidak menunjukkan kemampuan maksimalnya,” tuturnya di laman resmi PSSI.

“Buat saya penting memperlakukan sama semua pemain. Lama dan baru tidak berbeda. Semua punya kesempatan sama menjadi pemain inti dalam pemusatan latihan, Juli nanti. Pemain dari PPLP saya yakin juga ada yang potensial. Untuk PPLP saya berkoordinasi dengan Pak Bagja, koordinator PPLP,” ujarnya.

Fakhri pun menegaskan dirinya berniat mengakomodir semua pemain dari berbagai propinsi yang punya potensi untuk masuk timnya. Oleh sebab itu, penting untuknya menempatkan pemain dari PPLP di seleksi ini.

“Indonesia ini luas dari Aceh sampai Papua. Kalau kami hanya mengakomodasi pemain dari Elite Pro Liga 1, kan tidak semua 34 provinsi punya elite pro. Apakah pemain-pemain di daerah tidak punya kesempatan?” ucapnya.

“Bahkan tidak semua daerah punya PPLP. Tapi minimal pemain yang tidak main di Elite Pro bisa masuk PPLP. Kan PPLP ini juga seleksi. Saringan juga, tapi programnya pemerintah,” kata pria yang sempat menangani Bontang FC tersebut.

Para pemain seleksi di tahap kedua ini akan melengkapi pemain yang telah terpilih di tahap pertama. Setelah itu, para pemain yang lolos dari seleksi kedua tahap tersebut akan melakukan pemusatan latihan, Juli mendatang.

Seleksi dan pemusatan latihan tersebut, menjadi persiapan timnas U-19 yang akan berlaga di Piala AFF pada Agustus nanti. Selain itu tim ini juga akan dipersiapkan untuk kualifikasi Piala Asia U-19 2020, September atau Oktober mendatang.


Editor : Haryo Jati Waseso