Piala Dunia 2018

Prancis ke Final, Deschamps Janji Obati Kegagalan Piala Eropa 2016

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 08:39 WIB
Prancis ke Final, Deschamps Janji Obati Kegagalan Piala Eropa 2016

Didier Deschamps (Foto: FIFA.com)

SAINT PETERSBURG, iNews.id – Pelatih Prancis Diedier Deschamps sukses membawa timnya ke final Piala Dunia 2018 usai menang 1-0 atas Belgia pada semifinal di Stadion Saint Petersburg, Rabu (11/7/2018) dini hari WIB. Dia berjanji akan membawa Les Bleus juara dan mengobati kegagalan di Piala Eropa 2016.

Satu gol kemenangan Prancis dibukukan Samuel Umtiti pada menit ke-51 usai memanfaatkan umpan Antoine Griezmann dari sepak pojok. Kini Umtiti dkk kembali berada di final turnamen besar setelah Piala Eropa dua tahun lalu di rumah sendiri.

Saat itu Prancis juga tampil superior hingga final. Sayang di partai puncak melawan Portugal, mereka harus kandas 0-1 dari Cristiano Ronaldo dkk. Deschamps yang kala itu juga bertanggung jawab sebagai pelatih tak ingin kenangan itu terulang.

“Saya ada di sana (Piala Eropa) dua tahun yang lalu dengan staf kepelatihan saat ini. Sangat menyakitkan harus tersingkir. Tapi ini olahraga, saat ini kami berada di final dan memiliki hak istimewa serta kesempatan untuk memberikan kebahagiaan bagi orang-orang Prancis,” kata Deschamps dikutip The Guardian.

Nakhoda berusia 49 tahun itu kini berada di ambang pintu kesuksesan mengantarkan Prancis berjaya seperti 1998. Kala itu Deschamps yang masih berstatus sebagai pemain sekaligus kapten, juga punya andil besar membawa Les Bleus juara Piala Dunia di rumah sendiri untuk pertama kalinya.

“Saya di sini untuk menulis halaman baru dalam sejarah. Halaman paling indah. Saya tidak mengatakan saya tidak bangga dengan apa yang kami lakukan 20 tahun lalu. Tidak ada yang bisa menghapusnya. Tapi kami tidak bisa melihat ke belakang,” ujarnya.

Jika berhasil membawa Prancis juara dunia, Deschamps akan mengikuti jejak legendaris Jerman Franz Beckenbauer dan legendaris Brasil Mario Zagallo yang bisa kampiun Piala Dunia sebagai pemain dan pelatih.


Editor : Abdul Haris