Prediksi Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia, Kamis (10/10/2019) Malam

Haryo Jati Waseso ยท Rabu, 09 Oktober 2019 - 16:53 WIB
Prediksi Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia, Kamis (10/10/2019) Malam

Timnas Indonesia. (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

DUBAI, iNews.idTimnas Indonesia kembali menghadapi lawan tangguh pada kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 zona Asia, yakni Uni Emirat Arab (UEA). Kedua tim akan bersua di Stadion Al Maktoum, Kamis (11/10/2019) malam

Bila menilik statistik, Tim Garuda patut berhat-hati. Mereka punya rekor buruk ketika berjumpa wakil timur tengah. Menurut catatan RSSF, Timnas Indonesia menelan 43 kekalahan dari 75 pertandingan melawan negara timur tengah (20 imbang dan menang 12) sejak 1963.

Pada 10 tahun terakhir, Timnas Indonesia hanya memenangkan satu pertandingan dengan skor 4-1 atas Palestina, Agustus 2011. Catatan kelam tersebut tentu menjadi modal buruk jelang menghadapi UEA.

Apalagi, tim besutan Simon McMenemy itu hingga kini belum menunjukkan performa mengkilap. Pada dua laga sebelumnya, Stefano Lilipaly dan kolega kalah 2-3 dari Malaysia dan dibungkam Thailand 0-3. Kedua laga digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Meski demikian, McMenemy menegaskan pasukannya tak minder menghadapi UEA. Juru taktik berkebangsaan Skotlandia itu memastikan, dua kekalahan pada laga sebelumnya bakal dijadikan pelecut semangat untuk memetik poin di Dubai.

“Kami sudah berlatih dengan baik dan beradaptasi dengan cuaca di sini. Sesi latihan kami berjalan positif. Semua pemain percaya diri menghadapi pertandingan nanti. Mereka sudah belajar dari kesalahan,” kata McMenemy dilansir laman PSSI.

Sementara dari kubu lawan, UEA menatap laga nanti dengan percaya diri. Dari segi peringkat FIFA, tim berjuluk Al Abyad itu berada di posisi ke-66, sementara Timnas Indonesia ada di urutan ke-167.

Selain itu, UEA juga punya pelatih pengalaman, Bert van Marwijk. Nakhoda asal Belanda itu pernah mengantarkan negaranya mencapai final Piala Dunia 2010 sebelum akhirnya dikalahkan Spanyol.

UEA juga punya modal bagus di laga nanti karena mereka berhasil menang 2-1 atas Malaysia pada partai pembuka Grup G di Bukit Jalil. Kemenangan itu membuat Ali Khasif dan kawan-kawan duduk di posisi kedua klasemen berbekal nilai 3, tertinggal satu angka dari Thailand di singgasana.

Tapi perlu diingat, Al Abyad masih punya satu pertandingan lebih banyak. Kabar baiknya lagi, Van Marwijk juga bisa kembali memainkan Pemain Terbaik Asia 2015 Ahmed Khalil yang sebelumnya absen saat melawan Malaysia akibat alasan pribadi.

PERKIRAAN PEMAIN
UNI EMIRAT ARAB (4-3-3)
Ali Khasif; Mohammed Al Menhali, Walid Abbas, Al Hassan Saleh, Hassan Al Moharrami; Habib Al Fardan, Tareq Ahmed, Omar Abdulrahman; Ahmed Khalil, Ismail Al Hammadi, Ali Mabkhout
Pelatih: Bert van Marwijk

INDONESIA (4-2-3-1)
Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Hansamu Yama, Manahati Lestusen, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Evan Dimas; Andik Vermansah, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly; Beto Goncalves
Pelatih: Simon McMenemy

Prediksi: 55-45


Editor : Haryo Jati Waseso