Program Fisik Jadi Menu Utama Latihan Pemain U-16 di Inggris

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 10 Januari 2019 - 19:25 WIB
Program Fisik Jadi Menu Utama Latihan Pemain U-16 di Inggris

Dennis Wise, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Supersoccer TV Business Development Mirwan Suwarso, Des Walker (dari kiri ke kanan). (Foto: iNews/Reynaldi Hermawan)

JAKARTA, iNews.id – Mantan pemain tim nasional Inggris Des Walker akan menangani 24 pesepak bola U-16, yang dikirim Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk berlatih di Inggris dari 15 Januari hingga Mei 2019. Walker mengungkapkan porsi utama program latihannya fokus kepada kekuatan fisik.

Mantan penggawa Sampdoria itu menegaskan kondisi fisik yang prima merupakan modal penting untuk seorang pesepak bola. Walker bakal menggenjot fisik para pemuda U-16 selama 14 jam per minggu. Hal itu diungkapkannya saat menjadi pembicara pada konferensi pers di Hotel Mulya, Kamis (10/1/2019).

“Program fisik, fokus utama kami. Kondisi fisik merupakan hal penting untuk bersaing di level Eropa. Selain latihan fisik, mereka juga akan diberikan diet ketat agar tubuh menjadi lebih atletis,” kata Wise.

Program PSSI dan Super Soccer TV itu diberi nama Garuda Select. Para pemain berbakat yang bisa menimba ilmu di Inggris, merupakan hasil seleksi program Elite Pro Akademi yang sudah berlangsung sejak 2018 lalu.

Selain berlatih sepak bola, mereka nantinya juga akan dibekali dasar-dasar ilmu kepelatihan yang akan dibimbing oleh mantan penggawa Chelsea Dennis Wise, yang mengemban tugas sebagai direktur teknik program ini.

Sejumlah penggawa tim nasional Indonesia U-16, seperti Brylian Aldama, Amiruddin Bagas Kaffa dan Amiruddin Bagus Kahfi masuk dalam daftar pemain yang akan berangkat ke Inggris.


Editor : Haryo Jati Waseso