PSSI: Lanjutan Kompetisi Akan Diputuskan Dalam Rapat Komite Eksekutif

Bagusthira Evan Pratama ยท Selasa, 02 Juni 2020 - 22:35 WIB
PSSI: Lanjutan Kompetisi Akan Diputuskan Dalam Rapat Komite Eksekutif

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kompetisi Liga 1 2020 rencananya dilanjutkan pada September mendatang. Kabar ini disampaikan PSSI setelah menggelar rapat virtual, Selasa (2/6/2020).

Nantinya kompetisi bakal terpusat di Pulau Jawa. Selain itu, khusus musim ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) bakal menghapuskan sistem degradasi.

Tak hanya Liga 1, kompetisi Liga 2 2020 juga dibahas dalam rapat tersebut. Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi menyebut jika rencana melanjutkan liga akan diputuskan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco).

"Hari ini PSSI memberikan opsi-opsi kepada klub Liga 1 dan 2 terkait kelanjutan kompetisi. Jadi keputusan tetap di rapat Komite Eksekutif," kata Yunus dalam rilis PSSI.

"Untuk Liga 2, PSSI menawarkan opsi home tournament. Sistem formatnya dibagi empat grup dengan masing-masing grup ada enam tim. Dimulai sekitar bulan Oktober. Jadi opsi untuk status kompetisi Liga 1 dan 2 adalah kompetisi lanjutan. Kompetisi akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat," tuturnya.

PSSI juga akan menyiapkan payung hukum terkait kontrak pemain dan pelatih. Untuk itu PSSI juga melakukan diskusi dengan APPI (Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia ) dan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI).

Editor : Bagusthira Evan Pratama