PSSI Pertimbangkan Indra Sjafri Jadi Pelatih Timnas Senior

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Kamis, 12 Desember 2019 - 16:00 WIB
PSSI Pertimbangkan Indra Sjafri Jadi Pelatih Timnas Senior

Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id – Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengaku pihaknya akan mempertimbangkan Indra Sjafri sebagai salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia senior.

Saat ini, posisi arsitek Timnas senior lowong setelah Simon McMenemy diputus kontraknya oleh PSSI, bulan lalu. Nakhoda asal Skotlandia itu dinilai gagal mengangkat performa Tim Garuda menyusul lima kekalahan beruntun pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Di sisi lain, Indra Sjafri berhasil membawa Timnas Indonesia U-23 melaju ke final SEA Games 2019. Padahal, Garuda Muda terjebak dalam grup neraka bersama juara bertahan Thailand, Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam, dan Laos.

Sayang, di final Andy Setyo dkk kalah 0-3 dari Vietnam setelah otak permainan Evan Dimas cedera di babak pertama setelah diinjak pemain lawan Doan Van Hau.

Meski gagal memutus puasa medali emas SEA Games dalam 28 tahun terakhir, Indra Sjafri tetap dinilai sukses membuat Garuda Muda tampil dengan performa menawan.

Sehingga, muncul wacana untuk mempromosikannya sebagai nakhoda Timnas senior. Yang bersangkutan pun mengaku siap jika kepercayaan itu diberikan kepadanya.

Ketum PSSI Iwan Bule pun menanggapi wacana tersebut. Menurutnya, Indra Sjafri layak dipertimbangkan federasi yang dipimpinnya. Dia berjanji akan membawa wacana tersebut dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) dalam waktu dekat.

“Tunggu saja nanti akan keluar pelatih yang dipilih. Kalau coach Indra Sjafri, tentu sangat baik dan nanti tentu menjadi pembicaraan kami,” tutur Iwan Bule, Kamis (12/12/2019).  

“Beliau memang telaten memberi yang terbaik buat Timnas. Dan, di Timnas U-23 ini tidak ada naturalisasi, murni pemain dari Indonesia dan berhasil melaju hingga final,” katanya.

Sosok pelatih asal Sumatera Barat itu memang memiliki beberapa kelebihan. Dia punya pengalaman di level usia muda. Indra pernah menangani seluruh Timnas tingkat usia, mulai U-17, U-19, dan terkini U-23.

Bicara prestasi, sudah beberapa gelar dia persembahkan untuk Bumi Pertiwi. Pada 2012, Indra membawa Timnas U-17 juara di turnamen Asosiasi Sepak Bola Hong Kong (HKFA). Setahun berselang, dia sukses mengantarkan Timnas U-19 juara di Piala AFF U-19 2013. Dia juga pernah membawa Timnas U-22 juara Piala AFF U-22 2019.

Selain itu, mayoritas pemain Timnas senior saat ini merupakan mantan anak didiknya pada Timnas U-19 2013 lalu.

Sebelumnya, PSSI sudah bertemu dengan dua pelatih asing, yakni Shin Tae-yong asal Korea Selatan, dan Luis Milla dari Spanyol. Keduanya sudah memaparkan visi dan misinya jika ditunjuk jadi nakhoda Tim Garuda. Selain mereka, Iwan Bule juga sempat menyebut legendaris Timnas Belanda Ruud Gullit menjadi salah satu kandidat pelatih Timnas.

Editor : Abdul Haris