Raih Kemenangan di Laga ke-100 sebagai Pelatih Prancis, Deschamps Tersentuh

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Senin, 18 November 2019 - 11:48 WIB
Raih Kemenangan di Laga ke-100 sebagai Pelatih Prancis, Deschamps Tersentuh

Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps. (Foto: FRANCK FIFE/AFP)

TIRANA, iNews.id - Pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps banjir pujian, setelah mengakhiri laga ke-100 sebagai arsitek Les Bleus dengan kemenangan 2-0 atas Albania pada matchday pamungkas Kualifikasi Euro 2020 di Arena Kombetare, Tirana, Senin (18/11/2019) dini hari WIB. Dia mengaku terharu atas ucapan selamat yang mengalir.

Sejauh ini, hanya 20 pelatih di level internasional yang bisa mencapai catatan tersebut. Selain itu di antara pelatih yang masih aktif, dia hanya diungguli Arsitek Timnas Jerman Joachim Loew (177 laga), dan Nakhoda Timnas Uruguay Oscar Tabarez (166 laga).

Namun, prestasi Deschamps lebih baik dari dua nama di atas. Pria 51 tahun itu menjadi orang ketiga yang berhasil meraih trofi Piala Dunia sebagai pemain (1998) dan pelatih (2018). Tetapi, Deschamps merasa raihannya itu tak bisa diraih tanpa kinerja yang ditampilkan pemainnya.

“Saya tersentuh atas apa yang dikatakan mengenai laga ke-100 ini. Saya sangat bergantung kepada pemain. Beberapa dari mereka bahkan sudah bersama saya pada awal perjalanan, dan membantu Prancis meraih hasil positif,”ujarnya kepada TF1.

“Ada kebanggaan tersendiri, tetapi saya lebih menyukai semangat pemain,” kata pelatih yang sempat menangani AS Monaco, Olympique Marseille dan juga Juventus tersebut.

Sejak mengambil alih tugas sebagai juru taktik Les Bleus pada 8 Juli 2012, rekornya Deschamps sangat bagus. Tim berlogo Ayam Jantan itu menang 65 kali, 18 imbang dan kalah 17 kali dari 100 laga, dengan persentase kemenangan mencapai 65 persen.

Dengan Deschamps sebagai nakhoda, Prancis berpeluang menambah titelnya. Apalagi mereka kini sudah dipastikan lolos ke Euro 2020 setelah menjadi posisi teratas Grup H babak kualifikasi dengan 25 poin, unggul 2 angka dari Turki yang menjadi runner up.


Editor : Haryo Jati Waseso