Rencana Barca Pangkas Gaji Dapat Penolakan dari Pemain

Arif Budiwinarto ยท Kamis, 26 Maret 2020 - 18:15 WIB
Rencana Barca Pangkas Gaji Dapat Penolakan dari Pemain

Starting XI Barcelona musim 2019/2020 (Foto: AS)

BARCELONA, iNews.id - Rencana manajemen Barcelona memangkas gaji pemain dan staf mendapat penolakan. Kabarnya, rencana tersebut menimbulkan perpecahan di internal klub.

Wabah Covid-19 di benua Eropa memaksa banyak agenda olahraga ditunda, salah satunya kompetisi Liga Spanyol. Operator liga masih menangguhkan pertandingan sampai batas waktu belum ditentukan. Spanyol saat ini tercatat sebagai negara kedua setelah Italia dengan jumlah positif Covid-19 terbanyak di Eropa.

Penundaan tersebut menyebabkan klub-klub harus kehilangan pendapatan dari hak siar televisi serta tiket pertandingan. Barcelona terakhir kali menggelar pertandingan kandang di Nou Camp pada 7 Maret yakni saat mengalahkan Real Sociedad 1-0.

Untuk menyiasati kondisi keuangan klub, Barca berencana memangkas gaji pemain dan staf pelatih. Dilansir dari Football-Espana, untuk tahap awal manajamen akan memotong gaji pemain bintang mulai dari Lionel Messi, Luis Suarez, Ousmane Dembele, sampai Antoine Griezmann. Namun, untuk besaran gaji yang bakal dikurangi manajemen masih harus berunding dengan para pemain terlebih dulu.

Sumber ESPN mengabarkan, pembicaraan manajemen dengan para pemain bintang menemui jalan buntu. Bahkan, rencana tersebut justru menimbulkan perseteruan baru antara pemain dengan anggota manajemen klub. Sumber lainnya mengatakan Barca optimistis kesepakatan akan tercapai setidaknya Jumat (27/3) besok.

Rumor yang beredar di Spanyol menyebut Barca mengajukan opsi pemotongan gaji dalam jangka waktu tertentu, setidaknya sampai kondisi keuangan klub pulih dan liga kembali berjalan.

Selain itu, manajemen juga akan memberlakukan pemotongan gaji ke klub-klub olahraga profesional lainnya di bawah bendera Barcelona. Klub asal Katalunya itu diketahui memiliki sejumlah klub olahraga selain sepak bola yakni klub basket, hoki, futsal, rugby, dan bola voli.

Meskipun gajinya terancam dipotong tidak menghalangi sejumlah pemain Barcelona untuk berdonasi melawan penyebaran Covid-19. Lionel Messi menggelontorkan dana 1 juta Euro untuk membeli alat-alat kesehatan di Argentina. Kiper Marc-Andre Ter Stegen menyumbang 2,5 juta Euro untuk membantu Pemerintah Jerman.


Editor : Arif Budiwinarto