Kualifikasi Euro 2020

Republik Ceko Vs Inggris: Southgate: Performa Kami Tak Cukup Baik

Abdul Haris ยท Sabtu, 12 Oktober 2019 - 14:16 WIB
Republik Ceko Vs Inggris: Southgate: Performa Kami Tak Cukup Baik

Gareth Southgate (Foto: The Telegraph)

PRAHA, iNews.id – Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate mengakui armadanya tampil tak cukup baik saat meladeni Republik Ceko pada lanjutan Kualifikasi Euro 2020 Grup A, Sabtu (12/10/2019) dini hari WIB. Alhasil, The Three Lions takluk 1-2 di Sinobo Stadium, Praha.

Sebenarnya, juara Piala Dunia 1966 itu mencetak gol lebih dulu melalui penalti Harry Kane saat pertandingan baru bergulir lima menit. Hadiah penalti diberikan setelah Raheem Sterling dilanggar gelandang Ceko Lukas Masopust di kotak terlarang.

Sayang, momentum itu tak dimaksimalkan dengan baik. Buktinya, gawang Jordan Pickford malah kebobolan empat menit kemudian lewat sepakan keras defender Jakub Brabec. Sialnya, mereka kembali kebobolan lima menit jelang bubaran lewat torehan pemain pengganti Zdenek Ondarest. 

BACA JUGA:

Hasil Republik Ceko Vs Inggris: Setelah 1 Dekade, The Three Lions Tumbang di Kualifikasi

Hasil dan Klasemen Kualifikasi Euro 2020, Sabtu (12/10/2020) Dini Hari WIB

Jadwal Kualifikasi Euro 2020, Sabtu (12/10/2019) Hari Ini

 

Itu kekalahan pertama The Three Lions dalam satu dekade di Kualifikasi Euro atau Piala Dunia. Terakhir kali mereka kalah dengan skor 0-1 dari Ukraina pada 10 Oktober 2009.

Padahal, kalau saja Inggris menang maka mereka dipastikan melaju ke putaran final Euro tahun depan. Namun, kekalahan itu membuat poin mereka setara dengan Ceko, yakni sama-sama mengepak nilai 12.

Beruntung The Three Lions masih berhak duduk di puncak karena unggul selisih gol, dan masih punya satu pertandingan lebih banyak. Namun, poin kedua tim kini hanya berselisih empat angka dari Kosovo di posisi ketiga.

Sebelum kekalahan itu, Inggris jadi salah satu favorit juara Euro 2020 nanti. Sebab, semifinal dan final akan dimainkan di Wembley, London. Namun, hasil buruk dari Ceko membuat kepercayaan para rumah judi kembali meredup.

“Kami selalu sangat realistis tentang tempat kami berada. Kami memiliki tim yang menyenangkan yang biasanya terlihat seperti mencetak gol. Kami tahu ada jalan panjang bagi kami untuk menjadi salah satu tim top di Eropa,” tutur Southgate, dikutip Sky Sports.

Berikutnya, Inggris akan menghadapi tuan rumah Bulgaria, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB. Southgate meminta armadanya membayar kekalahan kontra Ceko di laga tersebut.

“Kami menerima kritik yang datang. Malam ini kami tidak melakukan cukup banyak untuk memenangkan pertandingan. Performa kami tidak cukup baik, sesederhana itu. Kami mungkin seharusnya mendapat hasil imbang, tapi pada akhirnya gol yang kami kemas adalah tipikal dari peluang yang kami berikan sepanjang malam,” ucapnya.

“Ada hal-hal yang dapat dilihat kembali, tetapi secara kolektif kami harus menerima bahwa tidak ada penampilan yang cukup baik. Kami memiliki peluang, peluang bagus untuk memenangkan pertandingan. Tapi kami kebobolan terlalu banyak, dan kami terlalu sering memberi lawan bola,” katanya.


Editor : Abdul Haris