Liga Inggris

Saran FA, Libur Jeda Musim Dingin Liga Inggris Diperpanjang

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 30 Mei 2018 - 19:33:00 WIB
Saran FA, Libur Jeda Musim Dingin Liga Inggris Diperpanjang
Pemain Manchester City rayakan juara Premier League musim 2017/2018. (Foto: Sky Sports)

LONDON, iNews.id - Otoritas sepak bola Inggris (FA) berniat memberikan jeda libur musim dingin di Premier League lebih panjang. Langkah ini diambil untuk memberikan para pemain untuk beristirahat dari jadwal pertandingan yang padat.

Bos eksekutif FA Martin Glenn menyampaikan wacana tersebut di hadapan dewan FA. Jika proposal itu disetujui, maka musim kompetisi 2019-2020 akan memiliki jeda musim dingin yang lebih panjang.

“Kami bekerja dengan pemain profesional dan akan membahas rencana ini. Dalam waktu dekat, kami akan memperkenalkan jeda tengah musim yang sangat dibutuhkan, baik untuk klub maupun tim nasional,” kata Glenn kepada Sky Sports.

Rencananya, tiap klub akan diberi jeda 13 hari di tengah musim. Lebih tepatnya, jeda tengah musim bakal diberlakukan di awal Februari. Tetapi, tidak semua diberikan dalam waktu yang bersamaan.

Nantinya 10 tim akan bermain di pekan pertama, sedangkan 10 tim berikutnya bertanding di minggu berikutnya. Langkah ini diambil agar kompetisi tetap berjalan walau diberi jeda musim dingin.

Tim nasional tentu diuntungkan dengan kebijakan baru ini. Dengan tambahan jeda tengah musim, para pemain yang dipanggil timnas memiliki waktu lebih, baik untuk bersiap maupun untuk memulihkan diri.

Sedangkan bagi pemain yang tidak dipanggil timnas, FA memperbolehkan setiap tim meenggelar pemusatan latihan di negara lain yang lebih hangat. Tetapi, mereka tidak diperkenankan untuk mengadakan tur komersial.

Meski begitu, wacana tersebut berpotensi mengganggu jalannya Piala FA. Pasalnya, jika musim kompetisi diliburkan, putaran kelima Piala FA harus diadakan di tengah pekan tanpa tanding ulang.

Keputusan kini berada di tangan anggota dewan FA apakah ingin mengadopsi rencana tersebut atau tidak. Dengan desakan pihak klub yang begitu besar, kemungkinan keputusan ini akan disetujui.

Jeda musim dingin sebenarnya bukan hal baru. Bahkan, FA tergolong terlambat dalam melaksanakannya. Bundesliga sudah mendapat jeda musim dingin selama satu bulan penuh, dan Serie A libur selama 16 hari.

Editor : Achmad Syukron Fadillah