Sempat Disebut Tak Bermoral, Pemain MU Tergerak Ingin Sumbangkan Gaji

Arif Budiwinarto ยท Sabtu, 04 April 2020 - 07:20 WIB
Sempat Disebut Tak Bermoral, Pemain MU Tergerak Ingin Sumbangkan Gaji

Kapten Manchester United Harry Maguire. (Foto: ANDREJ ISAKOVIC/AFP)

MANCHESTER, iNews.id - Klub-klub Premier League belum memotong gaji para pemainnya di tengah pandemi Virus Corona. Harry Maguire kabarnya meminta rekan setimnya mau menyumbangkan sedikit gaji.

Di eropa, sejumlah klub besar berinisiatif memotong gaji pemain guna menjaga keseimbangan neraca keuangan. Barcelona, Juventus, Borussia Dortmund dan Bayern Muenchen terpaksa melakukan langkah tersebut setelah mereka kehilangan pemasukan dari tiket pertandingan dan hak siar televisi.

Klub-klub Premier League menjadi sorotan sebab belum mengambil sikap memangkas gaji pemainnya di tengah wabah Virus corona yang juga melanda Inggris. Klub malah mengeluarkan keputusan memotong gaji staf di luar lapangan.

Hal inilah yang kemudian disoroti oleh anggota parlemen Inggris, Julian Knight, yang mengurusi olahraga dan digital. Julian melancarkan kritik pedas dengan menyebut pemain Premier League tak bermoral.

"Ini benar-benar tidak masuk akal. Ini menunjukkan bagaimana gilanya ekonomi di sepak bola Inggris dan tidak bermoral sama sekali," kata Julian.

Kritikan tersebut menggugah kapten Manchester United, Harry Maguire, membangun kesadaran para rekan setimnya agar mau membantu penanganan Virus Corona di Inggris. Bek 27 tahun kabarnya sudah berdiskusi dengan Wakil Presiden MU, Ed Woodward, mengenai pemangkasan gaji.

Maguire juga sudah mengemukakan ajakannya tersebut ke para pemain. Meski belum disepakati skema pemangkasan gaji, Maguire menyarankan pemain MU bisa memberikan 30 persen dari gaji bukan diperuntukan bagi operasional klub melainkan disumbangkan ke rumah sakit di Manchester.

Sebelumnya, Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) Inggris sempat membuat pernyataan bahwa pemain memang tidak mau gajinya dipangkas, namun lebih setuju jika pembayarannya ditunda.

Editor : Arif Budiwinarto