Shin Tae-yong Dikabarkan Tolak Tawaran Timnas Indonesia, Luis Milla Favorit?

Abdul Haris ยท Sabtu, 30 November 2019 - 17:27 WIB
Shin Tae-yong Dikabarkan Tolak Tawaran Timnas Indonesia, Luis Milla Favorit?

Luis Milla (kiri), dan Shin Tae-Yong Dibidik PSSI untuk menjadi Pelatih Timnas Indonesia. (Foto: ANTARA/Straits Times)

JAKARTA, iNews.id – Beredar kabar Shin Tae-yong menolak tawaran jadi pelatih Timnas Indonesia. Arsitek asal Korea Selatan (Korsel) itu konon kini tengah menjalin komunikasi dengan salah satu klub China. Kabar tersebut diembuskan media China, Axtoutiao.

“Shin Tae-yong secara resmi menolak tawaran melatih Timnas Indonesia. Berdasarkan seorang sumber, dia tengah berdiskusi dengan klub China,” tulis Axtoutiao.

Kalau kabar tersebut benar, maka kini PSSI tinggal memiliki satu calon, yakni Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu akhirnya memenuhi undangan PSSI di Manila, Filipina, Jumat (29/11/2019). Di sana, dia memaparkan program kerjanya jika ditunjuk menangani Tim Garuda.

Masalahnya, PSSI tampak kurang puas dengan presentasi mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu. Meski sudah pernah membesut Timnas Indonesia pada 2016-2017, menurut PSSI apa yang disampaikan Milla tidak ada perkembangan baru.

Pelatih yang pernah membawa Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 itu juga menolak menggaransi akan membawa Tim Garuda juara Piala AFF 2020. Ini yang membuat PSSI sepertinya lebih condong ke Shin.

“Keduanya memang tidak bisa menggaransi juara. Namun, kalau saya lihat, Shin Tae-yong lebih siap, sedangkan Luis Milla agak ragu-ragu," kata Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri kepada wartawan di Manila.

Ya, Shin sudah lebih dulu bertemu dengan PSSI di Kuala Lumpur, saat Timnas meladeni Malaysia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, 19 November lalu. Namun, kabar penolakan Shin sepertinya akan membuat PSSI dilema, apakah menunjuk Milla, atau cari kandidat lainnya.

Editor : Abdul Haris