Siasati Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19, Barcelona Resmi Umumkan Pemotongan Gaji Pemain

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 11:40 WIB
Siasati Keuangan di Tengah Pandemi Covid-19, Barcelona Resmi Umumkan Pemotongan Gaji Pemain

Barcelona melepas tiga pemain muda jelang penutupan bursa transfer Januari 2020 (Foto: Twitter)

BARCELONA, iNews.id - Barcelona resmi mengumumkan pemotongan gaji pemain. Langkah ini diambil sebagai upaya menghadapi krisis pandemi Covid-19.

Wabah Covid-19 yang melanda seluruh dunia tak terkecuali benua Eropa menyebabkan lima liga top benua biru harus terhenti sementara. Liga Italia dan Liga Spanyol harus ditangguhkan sampai batas waktu yang tak ditentukan.

Langkah tersebut diambil setelah Italia dan Spanyol mencatat angka kasus positif serta kematian Covid-19 tertinggi di Eropa dan dunia.

Terhentinya kompetisi liga menyebabkan klub-klub kehilangan pemasukan besar dari hak siar televisi dan tiket pertandingan. Situasi tersebut mengancam keseimbangan neraca keuangan klub. Sebagai langkah penyelamatan, klub mempertimbangkan memotong gaji pemain.

Sebelumnya, ada kabar sejumlah pemain kurang setuju dengan langkah tersebut, bahkan sampai menimbulkan friksi di internal klub. Namun, situasi tersebut mampu diredam dan semua pemain telah menyepakati skema reduksi gaji setidaknya sampai liga kembali berputar.

Keputusan pemotongan gaji diumumkan oleh dewan direksi Barcelona melalui teleconferenc, Kamis (26/3/2020) malam waktu setempat.

"Dewan direksi telah mendiskusikan langkah-langkah yang akan diambil untuk menekan dampak ekonomi yang dipicu krisis Virus Corona terhadap aktivitas FC Barcelona," isi pernyataan klub.

"Pada dasarnya langkah yang diambil ini adalah pengurangan hari kerja, diberlakukannya karena keadaan dan tindakan-tindakan perlindungan yang diambil, dan sebagai konsekuensinya ada pengurangan proporsional dari remunerasi yang diatur dalam tiap-tiap kelompok."

"Langkah-langkah yang ingin diterapkan klub secara cermat mengikuti peraturan resmi ketenagakerjaan di bawah kriteria proporsionalitas dan yang terpenting adalah keadilan dan dengan tujuan utama melanjutkan kegiatan klub sesegera mungkin," jelas isi pernyataan klub.

Aturan pemotongan gaji berlaku bagi semua pemain dan staf klub, sedangkan besaran pemotongan gaji akan bervariasi sesuai dengan dokumen yang diserahkan ke otoritas tenaga kerja Spanyol.

Sebagai informasi, Barcelona mengeluarkan 507 juta Euro (Rp 9,05 triliun) untuk membayar gaji pemain. Jumlah tersebut lebih dari 61 persen anggaran klub untuk musim 2019-2020.


Editor : Arif Budiwinarto