Simon McMenemy Buka Peluang Panggil Sandy Walsh ke Timnas Indonesia

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 16 April 2019 - 15:47 WIB
Simon McMenemy Buka Peluang Panggil Sandy Walsh ke Timnas Indonesia

Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy. (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id – Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy menyambut positif minat Bek kanan Klub Belgia Zulte Waregem Sandy Walsh yang ingin dinaturalisasi dan bermain bersama Tim Garuda.

Walsh merupakan warga berkebangsaan Belanda yang memiliki darah Indonesia karena kakek dan neneknya berasal dari Jawa Timur. Sejak lama, pemain 24 tahun itu mengikuti perkembangan sepak bola Tanah Air.

Kagum dengan gaya permainan timnas Indonesia, Walsh mengungkapkan hasratnya untuk berseragam Garuda di dada. Namun, dia tentunya harus melalui beberapa tahapan naturalisasi terlebih dulu yang memakan banyak waktu.

Menyikapi hal tersebut, McMenemy mengaku sudah berkomunikasi dengan Walsh dan tak menutup kemungkinan suatu saat nanti akan memakai servisnya. Saat ini, juru taktik Skotlandia itu ingin membangun komunikasi intens untuk mengenal lebih jauh sang pemain.

“Saya punya komunikasi yang baik dengan Walsh. Saya ingin tahu dulu apa yang dia inginkan dan diperlihatkan kepada kami. Tapi untuk saat ini, saya lebih memprioritaskan pemain yang berlaga di Indonesia untuk masuk timnas,” kata McMenemy.

“Terkait naturalisasi itu banyak prosesnya. Dia harus fit sepanjang waktu untuk melewati setiap tahap. Kami bisa saja panggil semua pemain berdarah Indonesia dari seluruh penjuru dunia. Tapi mereka tidak bisa langsung dapat paspor,” ujarnya.

Kehadiran pemain didikan Anderlecht itu tentu akan menambah kedalaman skuat timnas Indonesia. Jika proses naturalisasi berjalan lancar, Walsh bisa saja bermain pada putaran kedua kualifikas Piala Dunia 2022 zona Asia, yang rencannya bakal digelar 5 September.

Terdekat, pasukan McMenemy akan melakoni dua laga uji coba pada ajang FIFA matchday, Juni mendatang usai lebaran. Namun, PSSI belum mengungkapkan siapa yang akan menjadi lawan timnas.

Sementara itu, Grab Sebagai Official Mobile Platform Partner mendukung Timnas Garuda yang bertanding di AFF U-22 Kamboja. Di luar kita beda, di lapangan kita sama #GrabDekatkanPerbedaan #DekatDenganGrab.
 


Editor : Haryo Jati Waseso