Soal Ballon d'Or, Kiper Atletico Madrid Ingin Tiru Lev Yashin

Reynaldi Hermawan ยท Sabtu, 06 Juni 2020 - 01:15 WIB
Soal Ballon d'Or, Kiper Atletico Madrid Ingin Tiru Lev Yashin

Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak (Foto: Guardian)

MADRID, iNews.id – Kiper Atletico Madrid, Jan Oblak berambisi meraih trofi Ballon d'Or. Dia ingin menyamai prestasi Lev Yashin, penjaga gawang legendaris dari Uni Soviet.

Yashin dianugerahi Ballon d'Or pada 1963 silam. Sejauh ini dia merupakan satu-satunya kiper yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Berkaca dari itu, Oblak terinspirasi untuk mengikuti kesuksesan Yashin. Dia yakin bisa meraih penghargaan bergengsi sebelum nantinya gantung sepatu.

“Mengenai Ballon d’Or, saya sudah memikirkannya. Seperti yang selalu saya katakan, saya hanya ingin berlatih dan bermain. Saya coba meningkatkan diri setiap hari. Kemampuan saya berkembang. Kemudian wartawan memberikan pendapatnya, menulis dan berbicara tentang saya,” kata Oblak dikutip dari One Football.

“Semakin banyak orang berbicara tentang saya, maka itu semakin baik. Saya akan terus berkembang setiap tahun. Dan pada akhir karier nanti, saya ingin bahagia. Saya akan selalu memberikan yang maksimal. Pada akhirnya kita akan melihat apa yang telah saya raih,” ujarnya.

Sejauh ini performa Oblak memang mengesankan. Bersama Atletico, dia sudah meraih juara Liga Europa, Piala Super Eropa, dan Piala Super Spanyol.

Pria kebangsaan Slovenia itu dianugerahi gelar kiper terbaik Liga Spanyol empat musim beruntun (2016-2019). Dalam periode yang sama, dia juga menyabet Zamora Trophy yaitu penghargaan kiper terbaik versi media ternama Spanyol Marca.

Namun kini, fokus Oblak bukan ke target pribadi. Dia berambisi mengantarkan Atletico lolos ke Liga Champions musim depan.

“Saya tidak pernah terlalu memikirkan hal ini meskipun banyak disebutkan. Saya tidak khawatir tentang itu. Saya hanya ingin finis di zona Liga Champions,” ujar Oblak.

“Tentang Zamora, jika menyelesaikan musim dengan baik di level yang bagus, saya masih bisa mendapatkannya. Tapi saya tidak pernah terlalu memikirkannya,” tutur sang pemain.

Editor : Bagusthira Evan Pratama