Supercoppa Disiarkan Secara Ilegal, Serie A Ancam Tinggalkan Arab Saudi

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 12:33 WIB
Supercoppa Disiarkan Secara Ilegal, Serie A Ancam Tinggalkan Arab Saudi

Pemain Juventus Giorgio Chiellini membawa trofi Supercoppa Italiana setelah timnya menjadi juatra pada 2018. (Foto: Marco BERTORELLO/AFP)

ROMA, iNews.id - Arab Saudi berpeluang kehilangan hak untuk menggelar Supercoppa Italiana 2019. Pasalnya, terdapat pihak Arab Saudi yang membajak siaran berbayar resmi dan menayangkannya secara gratis.

Supercoppa yang mempertemukan juara Serie A dengan pemenang Coppa Italia dalam beberapa edisi terkahir memang digelar di luar Italia. Pada edisi 2018 silam, laga antara Juventus melawan AC Milan diadakan di Arab Saudi.

Untuk hak siar internasional, laga yang dimenangkan Juventus dengan skor 1-0 itu ditayangkan oleh beIN Sports. Namun, stasiun televisi tayangan bajakan milik Arab Saudi BeoutQ secara illegal menayangkan pertadingan itu.

Hal itu membuat pimpinan Serie A Luigi De Siervo meradang. Pasalnya, Serie A dikabarkan menderita kerugian sebesar 450 juta euro atau sekitar Rp7,2 triliun. Dia pun mengancam untuk menghentikan kerja sama dengan pihak Arab Saudi.

“Serie A bersama beIN Sports menghadapi BeoutQ dalam memerangi pembajakan. Bagi Serie A, masalah ini begitu penting, karena menyiarkan sepertiga hak siar TV internasional,” kata De Siervo dikutip Football Italia.

De Siervo menegaskan telah mengambil tindakan tegas untuk memerangi BeoutQ. Selanjutnya, dia ingin meminta bantuan pemerintahan Italia agar bisa ikut membantu menekan pihak Arab Saudi.

“Kami telah mengambil langkah hukum dan tak lama lagi akan membawa perkara ini ke pemerintahan Italia. Setelah itu, tugas pemerintahan Arab Saudi untuk menekan BeoutQ,” ujarnya.


Editor : Haryo Jati Waseso