Tahan Korut 1-1, Timnas U-19 Lolos ke Piala Asia 2020

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 10 November 2019 - 20:56 WIB
Tahan Korut 1-1, Timnas U-19 Lolos ke Piala Asia 2020

Striker Timnas Indonesia U-19 Bagus Kahfi (20) mencetak gol ke gawang Korea Utara U-19 pada Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

JAKARTA, iNews.id – Gol penalti Bagus Kahfi membuat Timnas Indonesia U-19 imbang 1-1 kontra Korea Utara (Korut) U-19 pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam.

Dengan hasil imbang ini, Indonesia dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan tahun depan. Garuda Nusantara memimpin Grup K dengan mengoleksi poin 7. Sedangkan Korut harus puas menjadi runner-up dengan nilai 5. Di peringkat ketiga dan keempat bertengger Hong Kong (4) dan Timor Leste (0).

Indonesia sudah menguasai jalannya pertandingan sejak laga dimulai. Mereka lalu mendapat peluang ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Sayang, tembakan Serdy Ephy masih bisa ditahan Kiper Korut Sin Kwang Guk.

Skuat Garuda Nusantara kemudian kembali melancarkan serangan yang bertubi-tubi. Mereka lalu mendapat peluang ketika laga memasuki menit ke-15. Beckham Putra mengumpan bola dengan cantik ke arah Fajar Fathur. Sayang, tendangan Fajar masih sigap dihalau Sin Kwang Guk.

Korut kemudian berusaha untuk melancarkan serangan balik pada menit ke-24. Mereka lalu mendapat peluang melalui tembakan bebas. Tetapi, upaya Korut itu masih bisa diantisipasi lini belakang Timnas U-19.

Timnas U-19 kemudian kembali menyerbu area pertahanan Korut. Peluang untuk Garuda Nusantara tiba pada menit ke-31 lewat tembakan bebas. Sayang, sepakan Bagas Kaffa masih belum bisa menembus lini belakang Korut.

Kejutan terjadi pada menit ke-41, ketika Korut berhasil mencetak gol. Ri Jo Guk memberikan umpan kepada Kim Kwang Chong yang melepaskan tembakan keras ke gawang kawalan Kiper Timnas U-19 Ernando Ari. Gol tersebut membuat Indonesia untuk sementara tertinggal di babak pertama.

Begitu babak kedua dimulai, Indonesia kembali berusaha untuk menyerbu pertahanan Korut. Tim asuhan Fakhri Husaini itu beberapa kali mendapat peluang. Namun, mereka belum bisa menuntaskan serangan dengan baik.

Indonesia kemudian hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-57. Bagus Kahfi mendapat peluang dan melepaskan tembakan keras. Sayang, serangannya itu masih melambung ke atas mistar gawang,

Akhirnya Garuda Nusantara membuat skor kembali imbang pada menit ke-61.Bagus Kahfi dijatuhkan bek lawan di dalam kotak penalti, dan wasit menunjuk titik putih. Bagus yang menjadi eksekutor pun berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kejadian itu membuat Indonesia semakin bersemangat untuk mencetak gol tambahan. Mochamad Supriadi kemudian mendapat peluang pada menit ke-78. Sayang, tembakannya masih bisa dihalau bek lawan.

Tak mau kembali kebobolan, Korut semakin memperketat pertahannya. Hal itu membuat Timnas U-19 kesulitan untuk bisa mengembangkan permainnya dan mengakibatkan bola lebih banyak di tengah lapangan. Akibatnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga laga usai.

SUSUNAN PEMAIN    
INDONESIA U-19 (4-3-3)    
Ernando Ari; Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Salman Alfarid; David Maulana,Theo Fillo Da Costa (Brylian Aldama 56), Beckham Putra (Komang Teguh 84); Bagus Kahfi, Serdy Ephy (M. Supriadi 46), Fajar Fathur Rahman    
Pelatih: Fakhri Husaini

KOREA UTARA U-19 (4-3-3)   
Sin Kwang Guk; Choe Kwang Hwi, Ri Kum Hyon, Chae Yu Song, Ra Nam Hyon; Kim Kwang Chong, Pak Kwang Sok, Kim Ju Song; Kim Kang Song, Kim Chol Guk, Ri Jo Guk   
Pelatih: Pak Kyong Bong


Editor : Abdul Haris