Tak hanya Berlatih, Pemain U-16 Dapat Ilmu Kepelatihan di Inggris

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 10 Januari 2019 - 18:45 WIB
Tak hanya Berlatih, Pemain U-16 Dapat Ilmu Kepelatihan di Inggris

Dennis Wise, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria, Supersoccer TV Business Development Mirwan Suwarso, Des Walker (dari kiri ke kanan). (Foto: iNews/Reynaldi Hermawan)

JAKARTA, iNews.id – Sebanyak 24 pesepak bola U-16 diberangkatkan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama SuperSoccerTV ke Inggris untuk menimba ilmu sepak bola pada Selasa (15/1/2019). Namun di sana, mereka tak hanya berlatih sepak bola melainkan juga mendapatkan dasar-dasar ilmu kepelatihan.

Program PSSI itu diberi nama Garuda Select. Para pemain berbakat yang bisa menimba ilmu di Inggris, merupakan hasil seleksi program Elite Pro Akademi yang sudah berlangsung sejak 2018 lalu.

Nantinya, Garuda Select memberikan peluang bagi anak-anak muda berbakat Tanah Air untuk mendapat beasiswa berlatih sepak bola di Eropa. Selain itu mereka juga akan dibekali Sport Science dan kepelatihan sepak bola profesional di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Setelahnya, mereka juga akan mendapatkan lisensi kepelatihan D dari FA. Ilmu sepak bola dan dasar-dasar pelatih akan diberikan Direktur Teknis Denis Wise dan juga mantan pemain tim nasional Inggris Des Walker selama enam bulan.

Wise mengaku sangat senang bisa membimbing para pemuda Tanah Air belajar di Inggris. Mantan penggawa Chelsea itu melihat potensi besar pemain muda Indonesia jika diasah dengan baik. Dia mengutarakannya pada konferensi pers di Hotel Sultan, Kamis (10/1/2019) siang.

“Program ini memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi anak-anak muda berbakat Indonesia untuk berkembang menjadi lebih dari sekadar pemain sepak bola. Dalam hal ini, anak-anak juga dituntut menumbuhkan jiwa profesionalisme yang siap menghadapi persaingan di level dunia,” kata Wise.

Program pelatihan di luar negeri seperti Garuda Select sebelumnya pernah dilakukan PSSI pada 1995-1996. Kala itu, beberapa pemain U-16, seperti Uston Nawawi, Elie Aiboy dan Charis Yulianto berguru ke Eropa, bergabung dengan timnas Barretti.


Editor : Haryo Jati Waseso