Taklukkan Argentina, Brasil Melaju ke Final Copa America 2019

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Rabu, 03 Juli 2019 - 09:26 WIB
Taklukkan Argentina, Brasil Melaju ke Final Copa America 2019

Para pemain Brasil merayakan gol pertama ke gawang Argentina pada semifinal Copa America 2019 di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Rabu (3/7/2019) pagi WIB. (Foto: AFP)

BELO HORIZONTE, iNews.id - Tim nasional Brasil melaju ke final Copa America 2019 usai melibas Argentina 2-0 pada semifinal di Estadio Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Rabu (3/7/2019) pagi WIB. 
 
Brasil sudah memberikan tekanan kepada Argentina sejak pertandingan dimulai, dan mendapatkan sejumlah peluang. Meski begitu, skuat La Albiceleste masih bisa bertahan dengan baik, sehingga serangan Brasil bisa dipatahkan. 
 
Argentina akhirnya mendapatkan peluang untuk mencetak gol pada menit ke-12. Leandro Paredes mencoba peruntungannya dan melepaskan tembakan jarak jauh. Tetapi, usahanya itu hanya melayang tipis di atas mistar gawang. 
 
Brasil kemudian balik mengirim ancaman, dan berhasil mencetak gol pada menit ke-19. Dani Alves dengan jeli melihat Roberto Firmino dan langsung mengirim umpan pada pemain Liverpool tersebut.

Firmino lalu melepaskan umpan silang mendatar yang disambut tendangan jarak dekat Gabriel Jesus yang menggetarkan gawang Argentina. 
 
Argentina kemudian punya peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit ke-29. Berawal dari tendangan bebas Lionel Messi, Sergio Aguero menyundul bola. Sayang, bola menerpa mistar gawang, dan tak ada gol tambahan hingga babak pertama usai. 
 
Memasuki babak kedua, laga langsung berjalan sengit. Argentina kembali mendapat peluang. Pada menit ke-52, menerima sodoran bola Messi, Rodrigo de Paul melepas tendangan keras dari ruang yang cukup terbuka, namun arahny masih melayang di atas mistar gawang Brasil. 
 
Berselang lima menit kemudian, Argentina kembali mendapat peluang. Namun, tendangan Messi hanya menghantam tiang kanan gawang Brasil. Bola pantulnya sempat disambut sang kapten dengan melepas umpan silang, tetapi Aguero terlambat meneruskannya ke gawang lawan. 
 
Pada menit ke-67, Argentina kembali memperoleh peluang. Kali ini tendangan bebas Messi mengarah tepat ke sudut kanan atas gawang Brasil, tetapi kiper Alisson secara luar biasa mampu menggagalkannya. 
 
Di tengah upaya Argentina meraih gol balasan, Brasil justru berhasil kembali bersorak menyambut gol keduanya pada menit ke-71 lewat serangan balik.

Gabriel Jesus berperan penting membawa bola dari tengah lapangan, melewati dua pemain lawan, mengirimkannya ke hadapan gawang Argentina. Peluang itu dengan mudah disontek Firmino menjadi gol kedua Brasil.  
 
Setelah itu, Argentina tampak kesulitan untuk bangkit. Mereka pun tak bisa menciptakan peluang, dan bola hanya bertahan di tengah lapanga. Akibatnya, tak ada gol tambahan hingga laga usai. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
BRASIL (4-2-3-1) 
 
Alisson; Alves, Marquinhos (Miranda 64), Alex Sandro, Silva; Arthur, Casemiro; Gabriel Jesus (Allan 80), Coutinho, Everton (Willian 46); Firmino 
Pelatih: Tite 
 
ARGENTINA (4-3-3)  
Armani; Foyth, Pezzella, Otamendi, Tagliafico (Dybala 85); de Paul (Lo Celso 67), Paredes, Acuna (Di Maria 59); Messi, Aguero, Martinez 
Pelatih: Lionel Scaloni


Editor : Abdul Haris