Tegas, FIFA Beri Sanksi Larangan 10 Pertandingan bagi Pelaku Rasialisme

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 12 Juli 2019 - 19:18 WIB
Tegas, FIFA Beri Sanksi Larangan 10 Pertandingan bagi Pelaku Rasialisme

FIFA. (Foto: FIFA.com)

NYON, iNews.id – Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) semakin tegas menindak pelaku pelecehan rasial di dunia si kulit bundar. Mereka akan memberi sanksi larangan 10 kali berlaga bagi siapa pun yang melakukan tindak rasialisme.

Jumlah tersebut dua kali lebih banyak dari sebelumnya yang hanya menghukum pemain tampil sebanyak lima pertandingan. Keputusan itu diambil setelah FIFA berdiskusi dengan Fare Network, badan yang mengurusi masalah diskriminasi dan rasial.

Dilansir Sky Sports, otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu juga akan memanggil korban rasialisme dalam sidang dengar pendapat. Para korban diberi ruang untuk memberikan keterangan sejelas-jelasnya di muka umum.

Selain individu, klub atau negara yang melakukan tindak rasial juga akan dijerat hukuman berupa penutupan stadion serta denda uang sejumlah 20 ribu Swiss Franc atau sekitar Rp284 juta.

“Topik mengenaik diskriminasi dan rasialisme telah diperbarui. FIFA selalu berada di garis terdepan untuk melawan serangan pada hak asasi fundamental yang melekat pada tiap individu,” tulis pernyataan FIFA.

Harapannya, dengan kebijakan anyar tersebut tak akan ada lagi pelaku pelecehan rasial yang menodai keindahan sepak bola yang selalu memiliki tujuan untuk mempersatukan berbagai etnis, suku, agama di atas lapangan hijau.


Editor : Haryo Jati Waseso

TAG : fifa