5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Diketahui

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Selasa, 15 Desember 2020 - 12:21:00 WIB
5 Teknik Dasar Sepak Bola yang Perlu Diketahui
Sekumpulan anak-anak memainkan sepak bola. (Foto: AFP)

JAKARTA, iNews.id - Sepak bola menjadi salah satu permainan paling popular di muka bumi. Meski begitu, ada beberapa individu yang masih belum mengetahui teknik dasar sepak bola.

Teknik dasar sepak bola sebenarnya cukup sederhana. Sesuai namanya, permainan ini hanya boleh dimainkan menggunakan kaki. Boleh menggunakan anggota tubuh lain kecuali tangan dalam beberapa kondisi. Hanya kiper yang diperkenankan menggunakan tangan.

Dalam pertandingan resmi, sepak bola dimainkan dengan sebelas pemain. Meski begitu, jumlah pemain permainan ini bisa dengan mudah diadaptasi, sehingga menjadi permainan lain, seperti futsal.

Ada beberapa teknik dasar dalam sepak bola yang perlu kita ketahui. Simak penjelasan berikut ini:

1. Dribbling (Menggiring) 

Dribbling. (Foto: The Graphic Edge)

Menggiring bola adalah teknik dasar dalam bermain sepak bola. Ini adalah teknik yang digunakan untuk menggerakkan bola, sebelum mengoper, mengumpan atau melepaskan tembakan.

Pada dasarnya, ada dua teknik dalam menggiring. Yakni mengendalikan bola lambat dan menggiring bola dengan cepat. Namun, pemain harus berhati-hati saat mendorong bola agar si kulit bundar tetap dalam jangkauan dan tidak direbut lawan.

Ada dua bagian kaki yang bisa digunakan dalam menggiring bola, yakni punggung kaki dan juga kaki bagian dalam.

Editor : Abdul Haris

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda