Terungkap, Ini Penyebab Jatuhnya Helikopter Pemilik Leicester City

Reynaldi Hermawan ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 07:27 WIB
Terungkap, Ini Penyebab Jatuhnya Helikopter Pemilik Leicester City

Nama Pemilik Leicester City Vichai Srivaddhanaprabha yang tewas karena kecelakaan helikopter di area King Power Stadium, 27 Oktober lalu, akan digunakan sebagai nama stadion. (Foto: AFP)

LEICESTER, iNews.id – Cabang Investigasi Kecelakaan Udara (AAIB) telah menemukan penyebab jatuhnya helikopter yang menewaskan Pemilik Leicester City Vichai Srivaddhanaprabha di area King Power Stadium, 27 Oktober lalu. Menurut mereka, masalah rotor ekor pada helikopter merupakan penyebab utamanya. 
 
Helikopter Vichai takeoff dari dalam stadion usai dirinya menonton pertandingan The Foxes kontra West Ham United, namun jatuh di area parkir mobil stadion setelah berputar-putar di udara. Tak lama kemudian, Api langsung membakar helikopter. Para peneliti memprediksi kerusakan rotor menjadi penyebab insiden nahas tersebut. 
 
Setelah menyelidiki bangkai helikopter, AAIB ternyata memberikan kesimpulan yang sama. Mereka menemukan tuas yang mengubungkan pedal kokpit ke batang kendali rotor di bagian ekor helikopter tidak terpasang. 
 
“Bukti yang dikumpulkan menunjukkan bahwa hilangnya kontrol helikopter terjadi akibat poros kontrol aktuator ekor rotator tidak terhubung dengan mekanisme tuas aktuator,” tulis laporan AAIB dikutip Sky Sports
 
Selain Vichai, insiden nahas tersebut juga menewaskan dua orang stafnya, Nursara Suknamai dan Kaveporn Punpare, serta pilot helikopter Eric Swaffer dan ko-pilot Izabela Roza Lechowicz. 
 
Kematian tragis Vichai membuat namanya kemungkinan bakal digunakan untuk markas Leicester. Penggantian nama tersebut rencananya dilakukan sebagai bentuk penghormatan untuk pengusaha asal Thailand itu. 


Editor : Abdul Haris