Timnas Dikalahkan Persita, Ini Respons Ketum PSSI Mochamad Iriawan

Abdul Haris ยท Sabtu, 22 Februari 2020 - 14:30 WIB
Timnas Dikalahkan Persita, Ini Respons Ketum PSSI Mochamad Iriawan

Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kanan) berbincang dengan Manajer Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kedua kiri) di sela-sela pemusatan latihan di Stadion Madya, Senayan, Jumat (22/2/2020). (Foto: PSSI)

JAKARTA, iNews.id Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule tak mempermasalahkan kekalahan 1-4 Timnas Indonesia saat beruji coba kontra Persita Tangerang, Jumat (21/2/2020) malam.

Laga di Stadion Madya, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, itu menjadi pertandingan pertama Tim Garuda di era Manajer Pelatih Shin Tae-yong. Uji coba itu juga jadi rangkaian training camp (TC) Timnas senior di Jakarta yang dimulai 14-23 Februari 2020.  

Menghadapi klub promosi Liga 1 2020, pasukan Shin hanya bisa mencetak satu gol melalui tendangan bebas Rizky Pora. Sebaliknya, gawang Timnas jebol empat kali melalui gol bunuh diri Rachmat Irianto, Samsul Arif, Eldar Hasanovic dan Aldi Al Achya.

Namun, Iwan Bule santai menanggapi kekalahan telak tersebut. Menurutnya, hasil pertandingan ini tak bisa jadi penilaian kualitas Timnas di tangan Shin.

“Uji coba ini tidak untuk mencari hasil menang atau kalah, tapi lebih kepada peningkatan fisik dan bagaimana pemain bisa mencerna pola permainan yang diinginkan Shin Tae-yong,” kata Iwan Bule yang menyaksikan langsung aksi Timnas di Stadion Madya.

“Para pemain mengakui porsi latihan di era Shin Tae-yong memang lebih berat secara fisik, tapi manfaatnya juga terasa sekali. Pada dasarnya mereka bisa menerima dan beradaptasi,” kata mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Meski begitu, Iwan Bule berharap Timnas bisa lebih berkembang. Apalagi, pada uji coba kali ini ada beberapa pemain yang diizinkan meninggalkan TC untuk bergabung dengan klubnya. Ya, sembilan pemain Bali United dan PSM Makassar telah dipulangkan lebih awal, untuk bersiap memperkuat klubnya dalam kompetisi antarklub Asia.

“Tentu saja saya belum puas dengan hasil ini, tapi yang penting apa yang diinginkan Shin Tae-yong sudah mulai bisa dimengerti pemain,” kata Iwan Bule.

Setelah ini, para pemain akan dipulangkan ke klubnya masing-masing jelang bergulirnya Liga 1 pertengahan Maret mendatang. Kemudian, mereka akan kembali dikumpulkan jelang dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia melawan Thailand dan Uni Emirat Arab.

“Saya minta kepada Shin Tae-yong untuk memaksimalkan benar masa pemusatan latihan ini. Mudah-mudahan kita mendapat hasil yang maksimal pada pertandingan sebenarnya,” Iwan Bule menegaskan.


Editor : Abdul Haris