Timnas Indonesia Kalah Telak dari Yordania, McMenemy: Semua Ada Hikmahnya

Reynaldi Hermawan ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 09:00 WIB
Timnas Indonesia Kalah Telak dari Yordania, McMenemy: Semua Ada Hikmahnya

Striker Timnas Indonesia Dedik Setiawan (kanan) mendapat pengawalan ketat dari para pemain Yordania pada uji coba di Stadion King Abdullah, Selasa (11/6/2019) malam WIB. (Foto: FA Yordania)

AMMAN, iNews.id – Pelatih tim nasional Indonesia Simon McMenemy tak ingin meratap meski armadanya kalah telak 1-4 dari Yordania pada uji coba di Stadion King Abdullah, Selasa (11/6/2019) malam WIB. Menurut dia, pasukannya bisa mengambil hikmah dari hasil minor tersebut. 
 
Pada laga kemarin malam, Tim Garuda tak berdaya menghadapi Yordania bermain agresif di rumah sendiri. Alhasil, gawang Indonesia kawalan Andritany Ardhiyasa kebobolan empat kali akibat torehan Baha Faisal pada menit ke-23, Ahmed Hamdouni (42), Yousef Al Rawashdeh (63), Hamza Al Dardoor (79). 
 
Sementara pasukan McMenemy hanya mampu sekali membalas lewat penalti yang diesksekusi pemain pengganti Alberto ‘Beto’ Goncalves empat menit jelang waktu normal usai. 
 
Hasil minor tersebut sekaligus memperpanjang catatan kelam Indonesia yang tak pernah menang melawan Yordania. Pada dua laga uji coba sebelumnya, Garuda takluk 0-1, Agustus 2011. Kemudian Januari 2013, kandas dengan skor telak 0-5. Kedua laga tersebut digelar di Amman. 
 
“Kredit tersendiri untuk Yordania. Mereka tim yang kuat dan punya teknis bagus. Alasan utama kami ke sini yaitu mendapat lawan tim kuat. Secara keseluruhan, kami sudah dapat itu,” kata McMenemy dilansir laman PSSI. 
 
“Hari ini, kami semua ingin menang. Tapi ya pemain harus belajar. Ambil pertandingan ini sebagai pengalaman. Harapan kami bisa belajar. Yordania lawan yang susah untuk dikalahkan. Tapi kalau misalnya kami balik ke sini lagi, tentu persiapan akan lebih baik,” ujarnya. 
 
Juru taktik asal Skotlandia itu juga menginstruksikan Evan Dimas dan kolega untuk kembali menegakkan kepala. Sebab setelah ini, Indonesia akan kembali melakoni laga FIFA Matchday kontra Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/6/2019).


Editor : Abdul Haris