Timnas U-19 Lolos ke Piala Asia 2020, Fakhri Husaini: Saya Bangga

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 10 November 2019 - 23:16 WIB
Timnas U-19 Lolos ke Piala Asia 2020, Fakhri Husaini: Saya Bangga

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Fakhri Husaini (kiri) berfoto bersama striker Bagus Kahfi setelah meladeni Korea Utara pada matchday ketiga Kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di SUGBK, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam. (Foto: iNews.id/Fitradian Dhimas)

JAKARTA, iNews.id – Pelatih Timnas Indonesia U-19, Fakhri Husaini bersyukur timnya lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020. Sukses itu dicapai setelah Garuda Nusantara menahan Korea Utara (Korut) U-19 1-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (10/11/2019) malam.

Tambahan satu poin ini menerbangkan Indonesia ke putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan tahun depan. Garuda Nusantara memimpin Grup K dengan mengoleksi poin 7. Sedangkan Korut harus puas menjadi runner-up dengan nilai 5. Hal itu pun membuat Coach Fakhri begitu bangga atas tim asuhannya.

“Alhamdulillah, dengan tambahan 1 poin ini kami berada di puncak klasemen Grup K. Tentu sebuah kebanggaan kami bisa melaju ke Piala Asia dan bisa menentukan nasib sendiri. Saya bangga akan apa yang sudah dilakukan seluruh pemain,” katanya usai pertandingan.

Juru taktik berusia 54 tahun itu mengatakan, tepat di Hari Pahlawan 10 November ini, anak asuhnya telah menampilkan semangat juang yang besar. Terlebih Garuda Nusantara sempat tertingal terlebih dahulu, sebelum Bagus Kahfi berhasil menyamakan skor lewat titik penalti.

“Pertandingan yang sangat ketat dan berat. Pertandingan tanggal 10 November ini selayaknya perjuangan para pahlawan, karena hari ini kebetulan Hari Pahlawan. Mereka menunjukkan telah bertempur habis-habisan pada laga malam ini,” ujarnya.

Fakhri mengakui Korut bermain begitu agresif dan tampil menyerang. Namun, pertahanan Timnas U-19 yang ketat mampu mengatasi pertawanan Korut. Namun, dia merasa permainan timnya juga sudah cukup konsisten.

“Memang Korut memanfaatkan dua striker-nya untuk langsung menyerang. Pertandingan ini agak sulit, karena mereka tidak bisa menembus kami melalui permainan terbuka. Bek kami sudah bekerja cukup baik,” ucapnya.

“Saya melihat tidak ada penurunan di babak kedua. Kami bahkan bisa membangun peluang-peluang lebih mengalir ketika mengganti pemain. Saya tidak melihat secara signifikan penurunan performa,” tutur Coach Fakhri.


Editor : Abdul Haris