Tinggalkan Man City, Kompany Jadi Pelatih-Pemain Anderlecht

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 19 Mei 2019 - 23:57 WIB
Tinggalkan Man City, Kompany Jadi Pelatih-Pemain Anderlecht

Bek Manchester City Vincent Kompany. (Foto: Oli SCARFF/AFP)

MANCHESTER, iNews.id - Pemain Manchester City Vincent Kompany telah menemukan tempatnya akan berlabuh musim depan. Dia memutuskan kembali ke Belgia untuk menjadi pelatih sekaligus pemain di klub perdananya berkarier, RSC Anderlecht

Keputusan Kompany itu diambil tak lama setelah mengumumkan resmi berpisah dengan The Citizens pada akhir musim ini. Dia bertekad untuk menggunakan pengalaman yang didapatnya selama membela City, untuk memajukan Anderlecht.

“Saya ingin membagikan pengalaman kepada generasi Anderlecht berikutnya. Dengan begitu, saya bisa meninggalkan sedikit sentuhan City di Belgia,” kata Kompany dikutip Sky Sports.

Baginya, Anderlecht memiliki peranan besar di kariernya. Memulai dari level junior, Kompany kemudian promosi ke tim senior sejak 2003. Dia bertualang ke luar Belgia pada 2006 dan bergabung dengan Hamburg SV pada 2006.

Dua tahun kemudian, Kompany diakuisisi City dan menjadi bagian dari kebangkitan Manchester Biru, sekaligus berperan sebagai kapten tim. Ketika bersama Anderlecht, dia tampil di 103 pertandingan dengan mencetak enam gol, serta  memberikan dua gelar juara Liga Belgia.

“Mungkin keputusan ini akan mengejutkan, tetapi ini merupakan yang paling bergairah dan rasional yang pernah saya ambil. Saya lahir dan besar di Anderlecht,” ujarnya.

“Saya sudah bergabung sejak berusia enam tahun dan telah menjadi satu dengan klub ini. Meraih 34 titel juara liga, mereka tak tergantikan,” tutur pemain berusia 33 tahun itu.

Di Anderlecht, Kompany akan menggantikan posisi Karim Belhonice yang menjadi pelatih klub itu pada April 2019. Prestasi Anderlecht musim ini memang kurang bersinar. Mereka berada di posisi keenam sekaligus juru kunci klasemen playoff, dengan 32 poin.


Editor : Haryo Jati Waseso