Liga Inggris

Tottenham Menang Tipis, Pochettino: Brighton Sulit Ditembus

Fitradian Dhimas Kurniawan · Rabu, 24 April 2019 - 06:02 WIB
Tottenham Menang Tipis, Pochettino: Brighton Sulit Ditembus

Christian Eriksen (tengah) jadi penentu kemenangan 1-0 Tottenham Hotspur atas Brighton & Hove Albion pada pekan ke-35 Premier League di White Hart Lane, Rabu (24/4/2019) dini hari WIB. (Foto: Premier League)

LONDON, iNews.id  Tottenham Hotspur harus bekerja keras untuk meraih kemenangan 1-0 atas Brighton & Hove Albion pada pekan ke-35 Premier League di White Hart Lane, Rabu (24/4/2019) dini hari WIB. Gol tunggal Christian Eriksen membawa The Lilywhites meraih tiga angka. 

Pelatih The Lilywhites Mauricio Pochettino mengakui Brighton merupakan lawan tangguh yang sulit untuk ditembus.  
 
“Pertandingan ini cukup sulit dan kami sadar harus berjuang untuk menembus pertahanan lawan. Brighton adalah lawan yang sangat tangguh, tetapi kami tetap yakin dan tak menyerah untuk mencoba mencetak gol. Tiga poin ini sangat penting, dan posisi kami di klasemen sedang bagus,” kata Pochettino kepada BBC

Kemenangan ini membuat Tottenham berada di jalur yang tepat untuk finis di zona Liga Champions. Saat ini, klub London Utara itu masih duduk di peringkat ketiga dengan poin 70, unggul tiga angka dari Chelsea di posisi keempat.

Di urutan kelima ada Arsenal dengan nilai 66, dan di peringkat keenam ada Manchester United dengan 64 angka.

Selanjutnya Tottenham bakal menjamu West Ham United, Sabtu (27/4/2019). Pochettino berharap timnya bisa meneruskan momentum empat kemenangan beruntun di White Hart Lane. Selain itu, dia merasa timnya semakin tangguh, usai dua kali dikalahkan Manchester City pada pekan lalu. 
 
“Berikutnya kami akan menghadapi West Ham yang tangguh. Tetapi, kami tetap yakin, karena tim sudah bekerja dengan baik, setelah kekalahan dari City. Kondisi fisik dan mental tim tidak sesegar seperti harapan, jadi mereka harus diberi ucapan selamat dan saya bangga kepada mereka,” ujarnya. 

Menghadapi Brighton, Tottenham mengambil inisiatif serangan sejak laga dimulai. Tekanan demi tekanan langsung dilancarkan The Lilywhites ke pertahanan Brighton. Tetapi sejumlah peluang tak ada yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Tottenham untuk menciptakan gol. 
 
Dominasi Tottenham pada laga tersebut semakin terlihat. Gempuran demi gempuran terus dilancarkan skuad asuhan Mauricio Pochettino itu. Tetapi tak ada satu pun gol yang berhasil diciptakan, sehingga laga babak pertama usai. 
 
Pada babak kedua, keadaan tak jauh berbeda. Tottenham masih mendominasi jalannya pertandingan dan Brighton berada di bawah tekanan. Peluang-peluang emas kembali didapat Son Heung-min dkk. Tetapi tak ada gol yang terjadi. 
 
Jelang laga berakhir. Tottenham akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Gol yang ditunggu-tunggu terjadi pada menit ke-88 lewat sepakan keras Eriksen. Menyambut umpan apik Dele Alli, Eriksen mampu meneruskannya dengan baik lewat tembakan lurus ke sudut kanan gawang. 
 
Keunggulan Tottenham pun tak tergoyahkan hingga laga usai. Dengan kemenangan itu, Tottenham semakin mantap menduduki peringkat ketiga klasemen dengan poin 70, ungggul tiga angka dari Chelsea di posisi keempat.

SUSUNAN PEMAIN  
TOTTENHAM HOTSPUR (4-3-3)  
Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Dier; Wanyama (Davies 82), Eriksen, Alli; Llorente, Lucas (Janssen 80), Son (Foyth 90) 
Pelatih: Mauricio Pochettino  
  
BRIGHTON & HOVE ALBION (4-3-3)  
Ryan; Bernardo, Dunk, Duffy, Montoya; Stephens, Bissouma (Kayal 86), Gross; Locadia, Andone (Murray 64), Jahanbakhsh (March 73)  
Pelatih: Chris Hughton 


Editor : Abdul Haris