Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia, Ini 5 Fakta Menariknya

Reynaldi Hermawan ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 08:55 WIB
Uni Emirat Arab Vs Timnas Indonesia, Ini 5 Fakta Menariknya

Timnas Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Almaktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019) malam. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak)

DUBAI, iNews.idTimnas Indonesia punya tugas berat di matchday ketiga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Usai menerima dua kekalahan, Skuat Garuda kini harus menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di Stadion Almaktoum, Dubai, Kamis (10/10/2019) malam.

Sebelumnya, kedua tim pernah bertemu sebanyak empat kali. Dua pertandingan berhasil dimenangkan Timnas Indonesia. Sementara dua lainnya menjadi milik UEA.

Kemenangan Indonesia terjadi pada Piala Merdeka 1981 dan Asian Games 1986 silam. Sementara hasil buruk diterima di Piala Merdeka 1982 dan Piala Asia 1996.

Selain itu, ada sejumlah catatan menarik lainnya jelang bentrokan kedua tim. Berikut ulasannya;

1. UEA dipimpin Bert van Marwijk yang merupakan mantan pelatih Timnas Belanda. Dia pernah mengantarkan De Oranje ke final Piala Dunia 2010 lalu. Namun sayang, Belanda gagal juara setelah kalah 0-1 dari Spanyol.

2. Posisi UEA lebih baik di tabel ranking FIFA. Terbaru, UEA menempati peringkat 66 dunia. Sementara Indonesia turun ke posisi 167.

3. UEA diperkuat dua pemain terbaik Asia yakni Ahmed Khalil dan Omar Abdurrahman. Oleh AFC, Khalil dinobatkan sebagai yang terbaik di 2015. Setahun berselang, status itu jatuh ke tangan Omar.

4. Khalil sejauh ini sudah mencetak 51 gol untuk negaranya. Jika merobek gawang Timnas Indonesia, dia berpotensi melampaui torehan Adnan Al Talyani sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa UEA.

5. Timnas Indonesia dan UEA sama-sama baru sekali mentas di Piala Dunia. Namun, Indonesia tampil pada ajang tersebut ketika masih bernama Hindia Belanda edisi 1938 silam. Sedangkan UEA tampil di Piala Dunia 1990.


Editor : Bagusthira Evan Pratama