Uruguay Juara Grup C usai Kalahkan Cile, Jepang Tersingkir dari Copa America

Reynaldi Hermawan ยท Selasa, 25 Juni 2019 - 08:00 WIB
Uruguay Juara Grup C usai Kalahkan Cile, Jepang Tersingkir dari Copa America

Striker Uruguay Edinson Cavani merayakan golnya ke gawang Cile pada matchday pamungkas Grup C Copa America 2019 di Estadio do Maracana, Selasa (25/6/2019) pagi WIB. (Foto: AFP)

MARACANA, iNews.id – Tim nasional Uruguay menang tipis 1-0 atas Cile pada matchday pamungkas Grup C Copa America 2019 di Estadio do Maracana, Selasa (25/6/2019) pagi WIB. Sementara di partai lain, Jepang hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Ekuador di Estadio do Mineirao. 
 
Bagi Uruguay, tambahan tiga poin membuat mereka lolos ke perempat final dengan status juara Grup C dengan nilai 7, ditemani Cile sebagai runner-up (6). Sementara Jepang tersingkir karena finis di peringkat ketiga usai mengoleksi 2 poin. 
 
Tim berjuluk Samurai Biru itu gagal melaju ke perempat final dengan status peringkat ketiga terbaik meski memiliki poin yang sama dengan Paraguay (peringkat tiga Grup B) karena kalah selisih gol. 
 
Pada laga tersebut, Pelatih Cile Reinaldo Rueda mencadangkan gelandang Arturo Vidal yang dibekap cedera otot. Namun, Alexis Sanchez yang sempat dihantui cedera engkel tetap dipasang sebagai starter. 
 
Di sisi lain, Nakhoda Uruguay Oscar Tabarez juga tak memainkan bek kiri Diego Laxalt yang menderita masalah pada ototnya. Karenanya, Martin Caceres yang biasa bermain di kanan ditugaskan untuk bermain ke kiri. Kemudian Giovanni Gonzalez mengisi area pertahanan sebelah kanan. 
 
Peluang pertama datang dari kubu La Roja. Mendapat umpan dari Sanchez, Charlez Aranguiz melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun, sepakannya mampu diantisipasi kiper La Celeste Fernando Muslera. 
 
Tak mau kalah, pasukan Tabarez balik menekan dengan mengandalkan duo Luis Suarez dan Edinson Cavani di lini serang. Tapi barisan pertahanan Cile masih terlalu solid untuk ditembus. Skor kacamata bertahan hingga turun minum. 
 
Memasuki babak kedua, Uruguay akhirnya memecah kebuntuan lewat tandukan Cavani usai meneruskan umpan sepak pojok Jonathan Rodriguez pada menit ke-82. Torehan pemain Paris Saint-Germain itu menjadi yang pertama dan terakhir pada duel tersebut. 
 
Beralih ke Estadio Mineirao, Jepang yang sadar membutuhkan poin penuh untuk lolos ke perempat final langsung menekan sejak menit awal. Hasilnya, mereka bisa unggul lebih dulu berkat torehan Shoya Nakajima kala pertandingan bergulir 15 menit. 
 
Namun, Ekuador yang sudah dipastikan tersingkir tak mau menyerah dan berusaha meningkatkan intensitas serangan. Usaha Antonio Valencia dan kolega berbuah hasil dengan terciptanya gol pada menit ke-35 berkat sumbangan Angel Mena dan bertahan hingga laga usai.

Editor : Abdul Haris