Usai Jerman, Piala Dunia Selalu Dimenangi Argentina atau Brasil

Reynaldi Hermawan ยท Senin, 25 Juni 2018 - 17:03 WIB
Usai Jerman, Piala Dunia Selalu Dimenangi Argentina atau Brasil

Timnas Jerman saat Juara Piala Dunia 2014. (Foto: FIFA)

MOSKOW, iNews.id – Ada fakta menarik yang mewarnai perhelatan Piala Dunia sepanjang sejarah. Fakta tersebut melibatkan tiga tim besar dunia yakni Jerman, Brasil dan Argentina.

Sejarah mencatat, Jerman sudah empat kali menjadi juara dunia yakni pada edisi 1954, 1974, 1990 dan 2014. Uniknya setelah Jerman kampiun, edisi berikutnya selalu dimenangkan Argentina atau Brasil. Tercatat sejauh ini, sudah tiga kali tradisi tersebut terulang.

Terkini Jerman juara pada tahun 2014. Mampukah Brasil dan Argentina melanjutkan tradisi tersebut di Piala Dunia 2018 Rusia? Saat ini performa kedua tim tersebut tidak terlalu membanggakan.

Argentina masih berada di dasar klasemen Grup D dan harus menang lawan Nigeria di laga pamungkas untuk memastikan tiket 16 Besar. Selain itu, mereka juga berharap Islandia kalah dari Kroasia. Tak beda jauh dengan Brasil yang masih berjuang mencuri hasil positif di laga terakhir Grup E melawan Serbia jika ingin lolos ke fase gugur.

Namun Argentina dan Brasil tak boleh berputus asa. Barangkali sejarah di bawah ini bisa menambah motivasi mereka:

1. Piala Dunia 1954 dan 1958

Pada edisi tersebut, Jerman yang diperkuat Werner Liebrich berhasil menjadi juara setelah di partai final membungkam Hungaria dengan skor 3-2. Itu merupakan gelar Piala Dunia pertama untuk Der Panzer.

Empat tahun berselang, Brasil yang berhasil angkat piala saat Piala Dunia digelar di Swedia. Pesona Pele yang baru berusia 17 tahun, mengantarkan Tim Samba menang 5-2 atas tuan rumah di partai puncak. Itu merupakan trofi Piala Dunia pertama yang berhasil diboyong ke Rio de Janeiro.

2. Piala Dunia 1974 dan 1978

Bermain di depan pendukung sendiri, Franz Beckenbauer dan Gerd Mueller tampil menggila. Mereka berhasil membawa negaranya jadi juara setelah menang 2-1 atas Belanda yang diperkuat Johan Cruyff di partai pamungkas.

Empat tahun kemudian, Piala Dunia digelar di Argentina. Mengikuti jejak Jerman, La Albiceleste juga sukses menjadi juara di rumah sendiri. Di final, Mario Kempes dkk berhasil mengandaskan perlawanan Belanda dengan skor 3-1. Itu gelar Piala Dunia pertama yang bisa di bawa ke Buenos Aires.

3. Piala Dunia 1990 dan 1994

Jerman kala itu diperkuat pemain bintang seperti Juergen Klinsmann, Rudi Voeller, dan Pierre Littbarski. Ketangguhan mereka sukses mengantarkan Der Panzer juara usai menang 1-0 atas Argentina yang diperkuat legendaris mereka Diego Maradona di partai final.

Empat tahun berselang, Piala Dunia dihelat di Amerika Serikat. Brasil keluar sebagai juara setelah menang adu penalti atas Italia dengan skor 3-2 usai bermain imbang tanpa gol hingga perpanjangan waktu.

Editor : Haryo Jati Waseso