Liga Inggris

VAR Dianggap Kacaukan Pertandingan, Sarri: Wasit Inggris Belum Siap

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Sabtu, 12 Januari 2019 - 17:21 WIB
VAR Dianggap Kacaukan Pertandingan, Sarri: Wasit Inggris Belum Siap

Maurizio Sarri (Foto: AFP)

LONDON, iNews.id  Pelatih Chelsea Maurizio Sarri merasa wasit di Inggris masih belum siap untuk menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Dia menganggap VAR akan membuat ritme pertandingan menjadi kacau. 
 
Saat ini Premier League tengah merencanakan penggunaan VAR, dengan menguji coba sistem tersebut di berbagai pertandingan. Setelah mencobanya, Sarri merasa wasit di Inggris tidak menggunakan VAR dengan semestinya. 
 
“Permasalahan utama bagi saya, mereka tidak siap menggunakan VAR. Hakim garis biasanya menghentikan lari sebagai sinyal offside. Tetapi, hal seperti itu sudah biasa, karena mereka masih menggunakan VAR untuk pertama kali dan belum terbiasa,” kata Sarri kepada Sky Sports
 
Pelatih asal Italia itu juga menegaskan tidak menyukai VAR secara keseluruhan. Dengan menggunakan teknologi itu, kini setiap keputusan harus dipastikan terlebih dahulu. Keadaan itu membuat pertandingan berjalan lebih lama, dan mengacaukan atmosfer pertandingan. 
 
“Saya tidak menyukai VAR, karena berpotensi untuk mengubah atmosfer di stadion. Kami mencetak gol, dan harus menunggu 30 detik untuk merayakannya. Hal itu tidak bagus untuk atmosfer pertandingan,” ujarnya. 
 
Arsitek berusia 60 tahun itu merasa lebih berpengalaman menghadapi VAR, karena Serie A telah menggunakannya ketika dia masih menangani Napoli. Sarri mengakui sejak awal sama sekali tak menyukai VAR yang kerap mengintervensi. 
 
“Saya sudah terbiasa dengan sistem itu, karena Italia sudah menggunakannya. Saya tidak menyukainya. Entah saya harus berkata apa,” tutur Sarri. 


Editor : Abdul Haris