Wanggai dan Tibo, Duet Maut Timnas U-23 di SEA Games 2011

Fitradian Dhimas Kurniawan ยท Minggu, 14 April 2019 - 21:37 WIB
Wanggai dan Tibo, Duet Maut Timnas U-23 di SEA Games 2011

Patrich Wanggai dan Titus Bonai di Sea Games 2011. (Foto: ADEK BERRY/AFP)

JAKARTA, iNews.id – Performa tim nasional Indonesia U-23 pada SEA Games 2011 terbilang mengesankan, mengingat sejak 1997 timnas  tak pernah lagi melaju ke final. Duet Patrich Wanggai dan Titus Bonai (Tibo) menjadi bintang dengan torehan 5 serta 4 gol yang dibuatnya.

Keduanya menciptakan 9 dari 13 gol yang dibukukan timnas U-23, atau membuat lebih dari setengah gol Garuda Muda. Keduanya memang dipercaya pelatih Rahmad Darmawan sebagai pilihan utama di lini depan

Timnas U-23 ketika itu mampu menjadi runner-up grup A berkat tiga kemenangan yang mereka peroleh dari Kamboja, Singapura dan Thailand. Mereka hanya kalah dari Malaysia dengan skor 0-1.

Berkat hasil itu, timnas sukses melaju ke babak semifinal. Pada fase tersebut, duet Wanggai dan Tibo semakin membuktikan ketajamannya saat melawan Vietnam. Keduanya membuat masing-masing satu gol.

Pada babak final, timnas bersua Malaysia. Selama 90 menit waktu normal kedua tim bermain imbang 1-1. Namun, baik Wanggai dan Tibo tak mencetak gol di pertandingan tersebut.

Gol timnas U-23 malah dibukukan oleh Gunawan Dwi Cahyo. Setelah berlanjut ke babak perpanjangan waktu, kedudukan tak berubah. Laga pun berlanjut ke babak adu penalti.

Saat itu, Tibo sebenarnya berhasil mengeksekusi penalti. Namun, timnas U-23 harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 3-4, setelah eksekusi Gunawan dan Ferdinand Sinaga gagal berbuah gol.

Meski Tibo dan Wanggai mencetak banyak gol, top skor ajang tersebut adalah Penyerang Laos Lamnao Singtho yang mencetak 6 gol. Singtho merupakan pemain muda Laos yang bersinar ketika itu,

Sementara itu, Grab Sebagai Official Mobile Platform Partner mendukung Timnas Garuda yang bertanding di AFF U-22 Kamboja. Di luar kita beda, di lapangan kita sama #GrabDekatkanPerbedaan #DekatDenganGrab.


Editor : Haryo Jati Waseso